Sekda Palopo Tegur Calon Kepala Sekolah di Acara Diklat: Jangan Ada Tidur

Senin, 27 September 2021 - 14:55 WIB
loading...
Sekda Palopo Tegur Calon Kepala Sekolah di Acara Diklat: Jangan Ada Tidur
Sekda Kota Palopo, Firmansyah DP, mewakili Wali Kota Palopo, HM Judas Amir membuka diklat calon kepala sekolah Pemkot Palopo, Senin (27/9) siang. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmansyah DP menegur peserta diklat calon kepala sekolah gara-gara kedapatan menutup mata saat mengikuti kegiatan, Senin (27/9).

Firmansyah yang hadir membawakansambutan Wali Kota Palopo , HM Judas Amir langsung meminta peserta untuk berdiri dan menggerakkan badannya.



Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Abdul Halim Muharram menyampaikan banyak hal saat berbicara di hadapan para peserta. Di antaranya peningkatan mutu dan kualitas diri para calon kepala sekolah.

Disampaikan Abdul Halim Muharram, kepala sekolah adalah sosok pilihan yang harus membawa perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga dituntut untuk cerdas dan taat.

"Kepala sekolah adalah pembawa pesan pemerintah, sebagai sarana edukasi dan motivator perubahan mulai tingkat bangku sekolah," ujarnya.

Olehnya itu, seorang kepala sekolah harus memiliki prilaku, kemampuan yang lebih dari seorang guru. Jika guru memiliki empat kompetensi maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang lebih.

Baca juga:13 Proyek Embung di Kabupaten Luwu Ditarget Selesai Oktober

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, ada lima kompetensi kepala sekolah yang harus terus ditingkatkan.

"Lima kompetensi itu adalah kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Kelimanya saling terkait dalam manajemen berbasis sekolah dan memerlukan partisipasi masyarakat," sebutnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)