Kisah Yoanisa Nasution dari Pemulung, Sarjana hingga Jadi Pengusaha di Padangsidimpuan

Selasa, 21 September 2021 - 21:08 WIB
loading...
A A A
Namun, kala itu Yoan lebih memilih tinggal bersama ayahnya agar bisa membantu merawat.
Kepahitan hidup Yoan semakin bertambah, ketika teman-teman sekolahnya nekat membullynya.

Hampir setiap hari dia harus menerima cemoohan dari teman-teman di sekolah. "Mereka bully, karena kedua orang tua saya pisah, terutama pada saat ayah jatuh sakit," imbuhnya.

Namun, Yoan tidak pernah berkecil hati. Bahkan, sikap yang diterimanya tersebut menjadi modal agar lebih bisa lebih baik daripada orang yang membullynya. "Kalau Sekarang ketemu, saya perlakukan mereka dengan baik. Itukan masa anak-anak," tutur Yoan.

Setelah orang tua laki-laki meninggal pada 2008, Yoan yang masih berusia 11 tahun dirawat oleh saudaranya. Namun, dengan berbagai alasan, dia pindah ke rumah ibu. "Amanah almarhum ayah, saya bisa satu tempat tinggal bersama ibu, kalau ayah sudah meninggal dunia," tutur gadis yang punya hobi menari itu.

Saat duduk di bangku SMP, dia mulai menekuni tari tarian. Kebetulan, salah seorang anggota keluarganya memberikan kesempatan untuknya agar ikut berlatih menarih dan mengikuti sejumlah perlombaan di Kota Padangsidimpuan.

Kumpulkan Uang Untuk Buka Usaha

Bakat Yoan Nasution untuk menjadi pengusaha sudah terlihat sejak dia masih sekolah. Dia nekat mengumpulkan uang jajannya untuk membuka usaha.

Dimulai pada tahun 2014. Saat itu, dia harus mengumpulkan uang sebanyak Rp3 juta selama 1 tahun demi membuka usaha jualan kembang api. Namun, usaha tersebut bersifat musiman seperti, pada Puasa Ramadhan dan tahun baru.

Tak berhenti disitu, pada 2018, Yoan lalu membuka usaha jasa delivery yang diberi nama Mangalappataru. Dengan modal Rp200 ribu, dia bisa menghasilkan uang Rp150-200 ribu/ hari.

Untuk mengembangkan usaha tersebut, dia harus bekerjasama dengan banyak jenis usaha. Bahkan, dia menjual produk-produk dari Kota Medan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)