Musrenbang via Vicon, Ini 3 Pesan Gubernur Sulsel ke Wali Kota Palopo

Selasa, 21 April 2020 - 18:12 WIB
loading...
Musrenbang via Vicon, Ini 3 Pesan Gubernur Sulsel ke Wali Kota Palopo
Wali Kota Palopo Judas Amir mengikuti musrenbang via video conference tingkat Sulsel. Foto/SINDOnews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sulsel digelar melalui video conference (vicon). Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona alias covid-19. Dalam musrebang ini, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyampaikan setidaknya tiga pesan kepada para kepala daerah, termasuk Wali Kota Palopo, Judas Amir.

Judas menyampaikan Gubernur Sulsel menekan beberapa hal untuk mewujudkan pembangunan yang lebih berkualitas dan mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat. Pertama, melakukan upaya-upaya strategis dan inovatif untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Karena hanya dengan tata kelola pemerintahan yang baik pembangunan dapat tercapai dengan baik dan berkualitas," kata Judas merujuk arahan Gubernur Sulsel.

Kedua, melakukan percepatan dan penguatan pembangunan infrastruktur secara merata yang mampu memberikan daya ungkit terhadap sektor-sektor unggulan di daerah. Hal itu dilakukan guna mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat di Sulsel.

Ketiga, meningkatkan koordinasi komunikasi dan sinergitas antar seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah "Dalam vicon tadi, Gubernur Sulsel, Kemendagri dan Bappenas tetap mengingatkan adanya pandemi covid-19."

"Sehingga perlu merevisi semua target pada tahun anggaran 2020. Ini guna mengantisipasi adanya pengurangan DAU dan DAK ke daerah baik Provinsi maupun untuk Kabupaten dan Kota," sambung Judas.

Judas mengimbuhkan musrenbang ini sendiri dilakukan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD Pemprov Sulsel tahun 2021. Judas mengikuti musrenbang via vicon itu di di ruang kerjanya, lantai III Kantor Wali Kota Palopo.

"Pak gubernur sampaikan bahwa tema yang diangkat dalam musrenbang tahun ini yakni meningkatkan kualitas SDM dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkualitas," urainya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel juga menyampaikan harapannya agar pandemi covid-19 bisa segera berakhir. Didorongnya pula agar pemerintah daerah kelak mendorong semangat warga untuk mengakselerasi pembangunan yang sempat terhambat akibat pandemi corona.

Eks Bupati Bantaeng dua periode itu juga meminta kepala daerah agar bersinergi dan menyiapkan langkah-langkah mempercepat pemulihan atas dampak covid-19. Beberapa sektor yang didorong percepatannya tahun ini adalah sektor pangan dan mineral untuk meningkatkan ekspor di Sulsel.

"Sulsel harus memastikan produksi pangan tetap terjaga untuk memastikan ketersediaan pangan nasional. Demikian juga pembangunan infrastruktur yang bersentuhan langsung ke masyarakat tetap harus berjalan, memberikan stimulus-stimulus kepada para investor yang akan masuk ke Sulsel," kata Judas mengutip pernyataan Gubernur Sulsel.

Terkait seluruh pesan Gubernur Sulsel itu, Judas menyampaikan Palopo selalu siap melaksanakan pembangunan yang sejalan atau dengan hasil Musrenbang Sulsel maupun program pembangunan pemerintah pusat.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)