Kunker ke Lumajang, Ketua DPD RI Siap Perjuangkan Air Bersih dan Rehabilitasi Pasca Bencana

Senin, 13 September 2021 - 16:06 WIB
loading...
A A A
Untuk persoalan vaksinasi, LaNyalla mendorong pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi demi terciptanya kekebalan tubuh kelompok atau herd immunity. "Untuk mempercepat proses vaksinasi, maka ketersediaan vaksin menjadi penting. Hal ini akan menjadi perhatian kita bersama agar kekebalan tubuh kelompok di Lumajang ini bisa segera tercapai," harap LaNyalla.

Sedangkan untuk mengatasi kebutuhan air bersih, LaNyalla mengusulkan agar dibuatkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional sebagai pengelola jaringan air mengatasi kebutuhan air bersih untuk warga.

Kerja cepat LaNyalla terlihat manakala ia langsung menghubungkan kebutuhan tersebut dengan jajaran Kadin yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya. Sementara untuk penanggulangan pascabencana, LaNyalla akan segera meneruskan aspirasi tersebut untuk ditindaklanjuti.

"Untuk penanggulangan pascabencana, memang hal ini harus dipercepat penanganannya oleh BNPB. Saya akan mendorong hal tersebut," ujar LaNyalla.

Kepada LaNyalla, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan jika pihaknya telah menjalin kerja sama dengan TNI/Polri dalam hal vaksinasi. "Sampai saat ini sudah lebih dari 24 persen masyarakat yang mengikuti program vaksinasi," ujarnya.

Bupati juga meminta dukungan Ketua DPD RI terkait terealisasinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kabupaten Lumajang. Di beberapa tempat kata dia, masyarakatnya masih sangat membutuhkan air bersih, utamanya untuk masyarakatnya di kawasan utara.

"Untuk kekurangan air bersih di bagian utara Lumajang, tadi usulan dari beliau (LaNyalla) adalah SPAM Regional. Tadi langsung dihubungkan dengan Kadin. Barangkali ada anggota Kadin yang bisa kita kerjasamakan dalam mengatasi kebutuhan mendasar kami melalui program kerja sama pemerintah dan badan usaha," paparnya.

Sebagaimana diketahui, SPAM Regional antara Kabupaten Lumajang dan Jember menggunakan mata air Sumber Mrutu di Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. Sedangkan SPAM Regional untuk Kecamatan Klakah menggunakan mata air Sumberwringin di Kecamatan Klakah yang akan melayani 10 desa di Kecamatan Klakah yang kekurangan ketersediaan air bersih.

Pada kesempatan yang sama, Thoriqul Haq juga melaporkan perkembangan penanganan pascabencana gempa bumi di wilayahnya yang terjadi beberapa waktu lalu. Dijelaskannya, dana bantuan gempa Lumajang yang bersumber dari dana APBN belum turun.

"Surat sudah kami sampaikan kepada BNPB Pusat, di mana alokasi pendanaan ditopang Kemenkeu. Sampai saat ini ada 1.000-an unit rumah yang belum terealisasi, antara lain pada kondisi rusak berat sebanyak 427 unit," papar bupati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5777 seconds (0.1#10.140)