Ingin Cari Cewek Lewat Medsos, Pemuda Tomohon Ini Nekat Jadi TNI Gadungan

Selasa, 31 Agustus 2021 - 06:04 WIB
loading...
Ingin Cari Cewek Lewat Medsos, Pemuda Tomohon Ini Nekat Jadi TNI Gadungan
Seorang oknum anggota TNI gadungan berinisial YT alias Anto (32) diringkus oleh Tim URC Totosik Polres Tomohon. MPI/Subhan
A A A
TOMOHON - Seorang oknum anggota TNI gadungan berinisial YT alias Anto (32) diringkus oleh Tim URC Totosik Polres Tomohon saat bekerja di gudang air mineral.

Katim URC Totosik Aipda Yanny Watung mengatakan penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan seorang pria bernama Obel bahwa di rumah kos miliknya yang terletak di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan terdapat kasus pencurian dimana salah seorang anggota TNI yang menghuni rumah kos tersebut kehilangan satu pasang sepatu PDL dan satu pasang sepatu PDH.

"Tim URC Totosik bersama pemilik rumah kost tersebut melakukan pengecekan terhadap CCTV yang ada di kos tersebut. Dalam rekaman terlihat pelaku yang mengambil dua pasang sepatu itu adalah seorang pria," ujar Aipda Yanny Watung, Senin (30/8/2021).

Tim selanjutnya melakukan pengembangan terhadap pria tersebut yang akhirnya berhasil mengamankannya di tempat kerjanya yang terletak tidak jauh dari tempat kos. Ketika dilakukan penggeledahan di dalam kamar kos pelaku untuk mencari barang bukti, tim malah menemukan perlengkapan TNI lengkap.

"Dalam kamar kos pelaku didapati perlengkapan TNI di antaranya seragam PDL dengan antribut terpasang. Ketika dilanjutkan pemeriksaan, tim kembali mendapati sebuah dompet yang berisi beberapa kartu tanda prajurit TNI yang dipasang foto pelaku," kata Aipda Yanny Watung

Ketika di interogasi singkat, pelaku mengakui pada Minggu (20/8/2021) sekira pukul 03.00 Wita telah mencuri dua pasang sepatu di rumah kos milik Obel dan menyimpan sepatu tersebut di dalam kamar kos pelaku yang tidak jauh dari TKP. Pelaku juga mengaku seragam TNI yang ada di kamar kos pelaku merupakan miliknya dijahit di tempat jahit Kompleks Pasar 45 Kota Manado. Baca: PPKM Sebabkan Gunungkidul Kehilangan Retribusi Wisata Rp 1,6 Miliar.

"Untuk Kartu Tanda Prajurit TNI yang ada di dalam dompet Pelaku merupakan miliknya yang dibuat di Toko Malalayang Kota Manado. Tujuan pelaku membuat seragam TNI dan Kartu Tanda Prajurit TNI yaitu untuk digunakan pelaku menggoda dan memacari beberapa perempuan yang dikenalnya di media sosial Facebook," terang Aipda Yanny Watung.

Barang bukti yang diamankan dari kamar kos pelaku yakni sepasang sepatu PDL, sepasang sepatu PDH, satu Kemeja PDH TNI dengan atribut terpasang, satu celana PDH TNI, satu buah sabut PDH TNI, satu kaos berwana oranye yang berlogo TNI. Baca Juga: Antisipasi Sweeping Warga, Polisi Tingkatkan Operasi Pemotor ke Lembang.

Kemdudian tiga lembar kartu Tanda Prajurit TNI (dipasang foto pelaku), satu lembar kartu Tanda Prajurit TNI tanpa foto dan satu lembar kartu ijin keluar markas TNI. "Saat ini pelaku bersama barang bukti sudah diamankan ke Mapolres Tomohon," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)