Perjalanan Panjang Gadis Cantik Asal Kota Lama Jadi Paskibraka di Istana Negara

Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:13 WIB
loading...
Perjalanan Panjang Gadis Cantik Asal Kota Lama Jadi Paskibraka di Istana Negara
Dwita Okta Amelia Herdian saat menjalankan tugas negara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka di Istana Negara Jakarta, Selasa (17/8/2021). Foto: Istimewa
A A A
PEKANBARU - Pasangan Heri (51) dan Nurdiana Ritonga (44) terharu dan bangga saat putrinya, Dwita Okta Amelia Herdian terpilih menjadi satu dari sekian banyak siswa-siswi yang bertekad menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana Negara pada HUT ke-76 RI. Yah, anaknya kini bisa bersuka cita karena telah meraih apa yang dicita citakan.

Namun, perjalanan Dwita untuk menjadi Paskibra ini tentu tidak lah mudah. Deswita merupakan gadis desa warga Desa Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Gadis desa ini merupakan karyawan kebun sawit PTPN V Riau.

Perjalanan Panjang Gadis Cantik Asal Kota Lama Jadi Paskibraka di Istana Negara



Perjalanan panjang Dwita hingga ke Jakartadiawali dari tingkat paling bawah, tingkat kecamatan. Satu persatu tahapan di jalani dengan tekun dan doa. Hingga akhirnya, nama siswi kelas Xl MIPA 1 Kunto Darussalam itu muncul untuk lanjut ke tahapan seleksi kabupaten.

Dia pun melanjutkan perjuangannya, di tingkat kabupaten saingan makin ketat dan jumlah siswa yang bersaing merebut tiket untuk sampai tingkat provinsi. Terdapat ratusan siswa yang mengikuti seleksi itu. Dengan perjuangan, bakat dan tekad, dia pun berhasil menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten. Dia pun siap bersaing di tingkat provinsi. Dengan didampingi orangtua dan keluarga, Dwita berangkat dari desanya yang cukup jauh dari Ibukota Provinsi Riau itu.

Sempat khawatir akibat pandemi COVID-19, Heri ayah Deswita pun ikhlas melepas putri kesayangannya dari desa ke Kota Pekanbaru untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Seleksi di Kota Pekanbaru berlangsung selama empat hari, 19 Mei hingga 22 Mei 2021. Belakangan tim seleksi menghubungi dan menyatakan Dwita terpilih untuk mewakili Riau.



“Satu kebanggaan bagi saya dan keluarga atas prestasi anak saya menjadi satu dari petugas pengibar bendara. Saya selalu berdoa apa yang dicita-citakan anak saya terwujud. Pihak perusahaan PTPV V selalu mendukung kami,” kata Heri Selasa (17/8/2021).

Sementara itu, Dwita mengatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya menjadi Paskibraka di Istana Negara. Menurut dara yang mudah tersenyum itu, Paskibraka bukan hanya sekedar mengibarkan bendera. Tetapi tentang disiplin, fisik, pengetahuan, dan mental.

“Dengan terpilihnya saya menjadi perwakilan Provinsi Riau yang berarti saya diberi tanggung jawab dari para Ibu dan Bapak di Dinas Pemuda dan Olahraga, Kakak pelatih serta yang bersangkutan untuk menjadi perwakilan Provinsi Riau," tutur Dwita wanita berkerudung ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)