Merah Putih Raksasa Berkibar di Ketinggian 90 Meter Tebing Gunung Hawu Padalarang

Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:13 WIB
loading...
Merah Putih Raksasa Berkibar di Ketinggian 90 Meter Tebing Gunung Hawu Padalarang
Beberapa anak menghormat dari jarak jauh ke bendera merah putih raksasa yang dikibarkan di tebing Gunung Hawu di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, KBB, Selasa (17/8/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Bendera merah putih berukuran raksasa berkibar di tebing Gunung Hawu di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (17/8/2021).

Pengibaran bendera yang berukuran 10x15 meter tersebut dilakukan oleh komunitas panjat tebing hingga perwakilan mahasiswa se-Bandung Raya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia ke-76.

"Kegiatan pengibaran bendera raksasa merah putih ini sudah direncanakan dan sengaja dilakukan tanggal 17 Agustus untuk ikut merayakan HUT RI," kata koordinator upacara pengibaran bendera, Hasan Husaeri.

Baca juga: Insiden Bendera Merah Putih Jatuh Warnai Upacara HUT Kemerdekaan di Konawe Utara

Menurutnya ada delapan orang pemanjat tebing yang terlibat dalam pengibaran bendera tersebut. Selain dari komunitas dan perwakilan mahasiswa, juga ikut terlibat dari perwakilan Pemdes Padalarang. Pelaksanaannya pun memperhatikan prokes penyebaran COVID-19.

"Ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami dalam mensyukuri Hari Kemerdekaan sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dan tanah air," sambungnya.

Disinggung soal kendala yang dihadapi, dia menyebutkan tidak ada kesulitan yang berarti. Itu dikarenakan, sebelum pengibaran dia bersama rekan-rekannya sudah melakukan persiapan secara matang. Pengibarannya dengan menggunakan instalasi yang sudah dipasang sebelumnya untuk menaikan dan menurunkan bendera.

Baca juga: Pemuda Ini Jadi Pahlawan Saat Merah Putih Gagal Berkibar di Sumba Barat karena Pengait Putus

Kendala yang sempat dihadapi adalah tiupan angin yang cukup kencang pada saat simulasi pengibaran bendera yang dilakukan Senin (16/8/2021). Begitupun pada hari pelaksanaan ini, angin sempat berhembus ke utara sehingga saat ditarik benderanya berbalik arah. Namun setelah angin mereda pengibaran berjalan lancar.

"Bendera ini dipasang berkibar di dinding Gunung Hawu pada ketinggian sekitar 90 meter. Sengaja kami lakukan di sini untuk mengenalkan potensi alam di kawasan Padalarang," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)