Peduli Korban COVID-19, IKA Unair Sumbang 150 Peti Jenazah

Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:05 WIB
loading...
Peduli Korban COVID-19, IKA Unair Sumbang 150 Peti Jenazah
Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) menyerahkan 150 peti jenazah kepada 6 rumah sakit di Jawa Timur. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Ikatan Keluarga Alumni Uniersitvas Airlangga (IKA Unair) menyerahkan 150 peti jenazah kepada 6 rumah sakit di Jawa Timur (Jatim). Rumah sakit yang menerima diantaranya, RSUD Sidoarjo, RSUD Ibnu Sina Gresik, RSUD dr. Soegiri Lamongan, RSUD Jombang, RS Unair dan RS Islam Jemursari. Masing-masing RS menerima 25 buah peti jenazah.

Perwakilan IKA Unair Indra Nur Fauzi mengajak berbagai pihak untuk hadir meringankan beban bersama. Khususnya di masa pandemi ini, sinergitas itu menjadi sangat penting. "Program ini merupakan inisiasi dari Ketua Umum IKA Unair, Khofifah Indar Parawansa," katanya, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, banyak korban meninggal akibat COVID-19. Rumah sakit pun membutuhkan perangkat untuk menyelenggarakan pemakaman. IKA Unair mengambil peran dengan menyerahkan bantuan peti jenazah untuk enam rumah sakit.

"Bantuan ini merupakan bentuk ikhtiar untuk meringankan beban petugas pemulasaraan jenazah di rumah sakit," ungkap alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Unair tahun 1994 itu.

Dia berharap penambahan kasus positif berkurang. Angka kesembuhan juga meningkat. Angka kematian turun. Dia juga mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Protokol kesehatan merupakan ikhtiar dalam mencegah penularan dan penyebaran virus COVID-19," jelas dia.

Indra menyerahkan peti jenazah secara langsung kepada Direktur RSUD Ibnu Sina dr Rudiyanto Dwi Agustomo. Di Lamongan, penyerahan peti jenazah dilakukan Kartika Hidayati, lalu di Sidoarjo peti jenazah diserahkan Mirza Muttaqien.

Peti jenazah untuk RS Universitas Airlangga diserahkan Nur Sidiq kepada Dr. Imam Subadi selaku Wakil Direktur Penunjang Medis RSUA dan di RS Islam Jemursari serta RSUD Jombang diserahkan oleh dr Zulfikar As'ad.

Wadir Pelayanan RSUD Sidoarjo dr. Wasis Nupikso, Sp.OG. menyampaikan terima kasih atas bantuan peti jenazah yang diberikan oleh IKA Unair. Bantuan ini sangat berarti bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya yang kena dampak COVID-19.

"Tentunya bagi rumah sakit, bantuan ini akan digunakan sebagaimana mestinya yakni penanganan pasien meninggal akibat COVID-19,"' ucapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)