Warga Kota Parepare Diajak Perkuat Imun Tubuh dengan Vaksin

Minggu, 04 Juli 2021 - 23:53 WIB
loading...
Warga Kota Parepare Diajak Perkuat Imun Tubuh dengan Vaksin
Warga kota Parepare diajak perkuat imun dengan mengikuti vaksinasi. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare , terus menggalakkan vaksinasi secara massal sebagai upaya memperkuat imun tubuh melawan Covid-19. Namun sebelum vaksin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tubuh tetap optimal saat di vaksin.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare , Renny Anggraeny Sari mengatakan, penting bagi calon peserta vaksinasi untuk istirahat yang cukup sebelum mengikuti kegiatan vaksin agar tubuh tetap fit.

"Beberapa hari sebelum disuntik vaksin COVID-19 , usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7-9 jam setiap malamnya," jelas Renny.

Baca Juga: ASN Parepare Wajib Absen Lokasi saat WFH Kembali Diterapkan

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, kata Renny, calon peserta vaksinasi juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin.

"Selain melalui konsumsi makanan bergizi, menjaga kekuatan sistem imun juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Dengan demikian, tubuh dapat menciptakan reaksi kekebalan yang baik terhadap penyakit covid-19," Renny memaparkan.

Calon peserta vaksinasi , jelas Reny, juga disarankan untuk tidak berolahraga secara berlebihan, agar kondisi tubun tetap terjaga sehat dan aman. "Idealnya, lakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari atau minimal 3-5 kali per minggu"katanya.

Ditambahkan Renny, untuk pasien yang menjalani pengobatan dokter diberi pengawasan khusus. "Agar lebih aman, orang yang memiliki penyakit kronis sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, sebelum mendapatkan vaksin COVID-19," katanya.

Pihaknya, kata Renny, juga meminta calon penerima vaksin untuk menginformasikan riwayat penyakit untuk mengetahui layak atau tidak untuk di vaksin. "Mari Kita sukseskan program vaksinasi Covid-19 ini yg merupakan salah satu upaya untuk membantu pembentukan kekebalan tubuh," tandasnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat di Parepare, Sekkot Minta Pengawasan Diperketat
(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1420 seconds (10.177#12.26)