Dua Kawasan Ekonomi Khusus Batam Beroperasi Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 29 Juni 2021 - 14:53 WIB
loading...
Dua Kawasan Ekonomi Khusus Batam Beroperasi Pacu Pertumbuhan Ekonomi
Kepala BP Batam bersama Menko Bidang Perekenomian dan Menperin Republik Indonesia
A A A
BATAM - Batam kini memiliki dua daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dua kawasan yang ditetapkan melalui dua Peraturan Presiden (PP) yang ditandatangani Presiden tersebut, yaitu PP Nomor 67 Tahun 2021 tentang KEK Batam Aero Technic (BAT) dan PP Nomor 68 Tahun 2021 tentang KEK Nongsa Digital Park (NDP) tersebut secara resmi beroperasi.

PP diserahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Kawasan Batam, Airlangga Hartarto, di Batam, Sabtu (12/6/2021).

Terkait penyerahan dua Perpres itu, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, HM Rudi menyampaikan terima kasih ke Pemerintah Pusat. "Kita sangat bangga, bahwa urusan kita yang setahun lalu sudah terselesaikan," kata Rudi.

Rudi berharap, dengan kemudahan-kemudahan dalam KEK ini, akan membantu pertumbuhan ekonomi Kota Batam. "Karena ini yang ditunggu-tunggu. Salah satu yang urusan investasi masuk ke Kota Batam, meskipun daerah Free Trade Zone (FTZ), namun akan lebih mudah dengan tambahan KEK" katanya.

Rudi juga menyampaikan bahwa ada sistem manual yang harus diselesaikan. Dengan demikian, jumlah tenaga kerja yang diserap akan meningkat terus serta dapat mengurangi pengangguran.

"KEK di Bandara nanti akan bisa menerima tenaga kerja sampai dengan sepuluh ribu. Kalau sepuluh ribu, besar itu. Artinya anak-anak Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau ataupun Indonesia nantinya akan ramai terserap," ujarnya.

Anak-anak Batam didorong untuk semakin banyak mengenyam pendidikan kedirgantaraan di Batam guna menyuplai kebutuhan teknisi di industri tersebut. Demikian dengan NDP yang diresmikan KEK-nya, akan menampung anak-anak Batam.

"NDP ini ada kampus pendidikan juga. Kita terima kasih kepada pemilik daripada Nongsa Digital Park, belum KEK saja dia sudah operasional. Apalagi sudah KEK," katanya.

Setelah ditetapkan jadi KEK, sudah ada komitmen dengan investor untuk realisasi investasi sekitar USD 300 ribu. "Saya sebagai pemerintah daerah dan Kepala BP Batam, akan berikan fasilitas lainnya. Karena itu sudah jadi KEK tentu akses ke sana akan kita sempurnakan, akses bandara disempurnakan. Demikian dengan KEK Nongsa (NDP) nyaman, aman asri," ujar Rudi.

Pengembangan kawasan di Batam juga dilakukan, seperti pengembangan Bandara Hang Nadim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)