Memutus Rantai Tengkulak, Dinas Diminta Berperan Aktif

Minggu, 24 Mei 2020 - 17:47 WIB
loading...
Memutus Rantai Tengkulak, Dinas Diminta Berperan Aktif
Pemberian bantuan BBM kepada kelompok nelayan di Distrik Demta oleh Sekda Kabupaten Jayapura.
A A A
SENTANI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi menegaskan Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan harus berperan aktif untuk memutuskan rantai kerja para tengkulak di wilayah pesisir pantai Kabupaten Jayapura.
"Atur strategi ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat, koperasi dijadikan terminal pengelolaan dan penyaluran hasil-hasil produksi masyarakat," ujar Hanna di Sentani, Minggu (24/5/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura, Rudi Saragi mengatakan, sesuai penegasan Pimpinan Daerah (Sekda) dalam hal ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM untuk memutuskan rantai para tengkulak.

Rudi mengungkapkan selama ini masyarakat dimanjakan oleh para tengkulak dengan memberikan pinjaman dana untuk mengelola usaha kelautan mereka. "Dalam masa pandemi Covid-19 ini sudah ada pembatasan aktivitas para pelintas batas dari Kota Jayapura yang biasa mengambil hasil laut dari masyarakat di Demta, Yokari dan juga Depapre," jelasnya.

Dalam waktu dekat, kata Rudi, pihaknya akan datangi setiap kelompok nelayan untuk melakukan sosialisasi terkait pemutusan hubungan mereka dengan para tengkulak. "Momen Covid-19 saat ini, sangat penting bagi kelompok nelayan. Sudah banyak bantuan juga yang diberikan oleh pemerintah, seerti BBM, speadboad, dan masih banyak lagi yang lain. Sehingga ke depannya kerja sama nelayan yang harus dilakukan tidak lagi dengan para tengkulak, tetapi dengan koperasi di kampung masing-masing," pungkasnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)