Menelusuri Jembatan Kereta Terpanjang Peninggalan Belanda di Cikubang Bandung Barat

Senin, 31 Mei 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
"Proyek ini pada saat itu membutuhkan biaya sebesar f12 juta dan sempat menuai pro-kontra dari anggota parlemen Belanda. Belum lagi daerah yang dilewati penduduknya masih jarang sehingga secara ekonomi dianggap tidak menguntungkan," tulis Agus dalam bukunya. Baca: Kisah Sawito, Lelaki Blitar yang Ditangkap Kaki Tangan Soeharto Atas Tuduhan Makar.

Parlemen justru mendorong pemerintah membangun jalur ganda Buitenzorg-Batavia. Jika keukeuh jalur Karawang-Padalarang dibangun, bukan tidak mungkin lajur Buitenzorg-Batavia akan sepi. Namun akhirnya proyek itu diketuk palu karena sebanyak 56 anggota parlemen setuju, dan hanya 6 orang tidak setuju.

Kini setelah 115 tahun berlalu, jembatan yang dibangun Belanda tersebut masih tampak kokoh. Perawatan yang itensif dan penambahan penguatan konstruksi yang dilakukan PT KAI membuat jembatan ini masih menjadi urat nadi transportasi kereta api yang menghubungkan Jakarta-Bandung.

Bahkan kereta api dari Jakarta yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur lewat jalur selatan pasti akan melintas di jembatan bersejarah tersebut. Jembatan ini tentunya masih akan terus mewarnai perjalanan bangsa ke depan dan menjadi cerita berseri bagi generasi bangsa ke depan. Baca Juga: Misteri Batu Meteor dan Kisah Kehebatan Pusaka Tombak Baru Klinting serta Kiai Pleret.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6178 seconds (0.1#10.140)