Masuk Kota Dumai, Kapten Kapal Asal India Positif COVID-19 Varian Baru

Kamis, 27 Mei 2021 - 22:06 WIB
loading...
Masuk Kota Dumai, Kapten Kapal Asal India Positif COVID-19 Varian Baru
Seorang warga India, yang beberapa pekan lalu masuk ke Kota Dumai, Riau, positif COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
PEKANBARU - Warga negara India, berinisial JRM yang menjadi kapten kapal dan berada di Kota Dumai, Riau, sejak beberapa pekan lalu, ternyata positif COVID-19 varian baru seperti yang berkembang di India.



Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Riau, Indra Yovi mengatakan, bahwa hal itu diketahui setelah hasil sampel diagnosa yang dikirim ke Jakarta keluar. "Ternyata kapten kapal yang kemarin dari Dumai, positif COVID-19 . Ini setelah kita analisis dengan Whole Genome Sequencing memang virus mutasi dari India, B1617," katanya, Kamis (27/5/2021).



Namun demikian, setelah beberapa hari dirawat di Pekanbaru, Riau. Kondisi kesehatan kapten kapal yang membawa CPO (Crude Palm Oil) ke India, membaik. Begitu juga dengan empat anak buah kapal (ABK) kapal pembawa minyak tersebut.



Namun demikian, untuk empat ABK dinyatakan tidak terkena virus varian baru India, tetapi hanya COVID-19 . Keempatnya sudah sehat dan kembali ke negaranya. "Untuk kapten kapal kondisinya sudah baik, dia sudah pulang dengan membawa CPO," imbuh Yopi.



Sementara itu, tim medis juga melakukan penelurusan siapa saja yang kontak erat dengan kapten kapal dari India itu termasuk dengan petugas di Riau. "Kita lakukan tracing, ada satu orang pegawai KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) yang saat itu naik ke kapan ternyata positif COVID-19 . Tapi dia tidak tertular yang virus mutasi tersebut," imbuhnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)