Lantik Bupati-Wakil Bupati Cianjur, Ini Arahan Ridwan Kamil

Selasa, 18 Mei 2021 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, Kang Emil pun meminta Herman Suherman-TB Mulyana memaksimalkan potensi pariwisata Cianjur yang juga dinilainya luar biasa, seperti potensi pariwisata di kawasan Cianjur selatan.

"Tolong Cianjur selatan ini jangan dianaktirikan, cari inovasi untuk pembangunan Cianjur selatan. Pembangunan harus merata, baik Cianjur selatan, tengah, dan utara," imbuhnya.

Kang Emil pun berpesan, agar Pemkab Cianjur tidak mengandalkan dana APBD, APBD provinsi, maupun APBN untuk pembangunan.

Menurutnya, ada dana kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang bisa diproses untuk pembangunan.

Selain itu, ada pula dana-dana dari masyarakat untuk kemaslahatan seperti dana zakat, infaq, dan sedekah, termasuk dana corporate social responsibility (CSR) yang dapat dimanfaatkan untuk membangun masyarakat.

"Ada juga dana pinjaman dari bank, khususnya bank bjb (Bank Jabar Banten) yang bisa kita maksimalkan. Kalau Cianjur mau maju, jangan berpikir membangun hanya dengan APBD," tegas Kang Emil.

Kang Emil juga meminta keduanya agar menjadi pemimpin yang profesional. Dia menyebutkan, dunia kini telah berubah seiring kemajuan teknologi.

Karenanya, pemimpin harus mampu menguasai teknologi, khususnya teknologi digital. "Jangan jadi pemimpin jadul, harus kuasai teknologi digital," ujarnya.

Baca juga: Seluruh Tempat Wisata di Karawang Ditutup Mulai Sekarang, Ini Alasannya

Terakhir, Kang Emil mengingatkan bahwa kepemimpinan sifatnya hanya sementara. Oleh karenanya, dia meminta Herman Suherman-TB Mulyana bekerja maksimal untuk kesejahteraan rakyat Cianjur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)