Selama PSBB, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman

Kamis, 21 Mei 2020 - 20:26 WIB
loading...
Selama PSBB, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman
Selama PSBB, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pemerintah memastikan stok bahan pangan aman dan tidak terpengaruh dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terlebih saat ini sudah H-3 Idul Fitri.

Hal ini ditegaskan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumsel pada media briefing untuk menyampaikan perkembangan inflasi serta ketersediaan pasokan pangan dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri dan penerapan PSBB.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Hari Widodo mengatakan, realisasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumsel tercatat deflasi pada level 0,15 persen (mtm), setelah pada bulan Januari-Maret 2020 mengalami inflasi. (Baca juga: PSBB Palembang, Ojol Dilarang Angkut Penumpang)

Menurutnya, perkembangan ini dipengaruhi oleh inflasi volatile food yang melambat karena penurunan harga cabai merah menyusul masuknya masa panen dan tingginya pasokan daging ayam ras di tengah kondisi permintaan yang menurun akibat pembatasan aktivitas, serta kelompok inti dan administered prices yang mencatat deflasi karena penurunan tarif angkutan udara seiring dengan penurunan permintaan.

"Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan inflasi IHK Sumsel pada April 2020 tercatat sebesar 0,76 persen (ytd) atau 2,48 persen (yoy) menurun dibandingkan dengan inflasi bulan lalu sebesar 3,15 persen (yoy)," ujar Hari Widodo saat konferensi pers via Zoom, Kamis (21/05/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Iwan Gunawan mengatakan, menjelang Lebaran ketersediaan pasokan komoditas pangan di Sumsel mencukupi.

"Saat ini, stok gula pasir dan stok beras di Provinsi Sumatera Selatan mencukupi dan tidak kekurangan," ujarnya.

Wakil Pimpinan Bulog Divre Sumsel Babel Yudi Wijaya menambahkan, stok beras di Sumsel mengalami surplus dan mencukupi kebutuhan masyarakat untuk lima bulan ke depan.

"Secara umum, kondisi stok komoditas pangan lainnya seperti beras, jagung, cabai merah, ayam, dan telur ayam cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini," jelasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)