Terjepit di Antara Wilayah PSBB, Purwakarta Lanjutkan Adaptasi Kebiasaan Baru

Selasa, 12 Januari 2021 - 11:12 WIB
loading...
Terjepit di Antara Wilayah PSBB, Purwakarta Lanjutkan Adaptasi Kebiasaan Baru
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menyatakan tetap melanjutkan adaptasi kebiasaan baru di saat kabupaten tetangga menerapkan PSBB proporsional. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta menjadi wilayah yang terjepit dan dikelilingi oleh kabupaten yang menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional.

Hampir semua kabupaten yang berbatasan dengan Purwakarta, seperti Subang, Karawang dan Kabupaten Bandung Barat, berstatus zona merah dan sudah menerapkan PPKM sejak 11 Januari 2021.

Status Purwakarta sebagai wilayah dengan risiko penularan COVID-19 kategori sedang (zona oranye) menjadi terancam. Sewaktu-waktu status tersebut bisa kembali menjadi zona merah.

Merespons hal itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, ada 20 kabupaten dan kota yang melaksanakan PPKM, yang tujuh kabupaten dan kota termasuk Purwakarta melanjutkan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sesuai dengan keputusan Gubernur Jawa Barat.

"Namun untuk wilayah zona merahnya seperti Kecamatan Purwakarta kota kita menerapkan PSBM. Wilayah lainnya penerapan pembatasan secara proporsional sampai tingkat kelurahan. Jadi tidak ada perubahan, tetap mengacu kepada Keputusan Bupati tentang AKB," kata Anne, Selasa (12/1/2021).

Sementara itu, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Purwakarta per 11 Januari 2021, secara kumulatif jumlah warga terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 2.779 orang.

(Baca juga: Dapat Halal MUI dan EUA BPOM, Vaksin Sinovac Sudah Bisa Digunakan di Indonesia)

Namun, sebanyak 2.197 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Terjadi penambahan angka kesembuhan sebanyak 38 orang pada data terakhir.

(Baca juga: Bangkitkan UMKM, PBA Universitas Padjajaran Gandeng Kadin)

"Hari ini, terjadi penambahan warga terkonfirmasi positif sebanyak 50 orang yang sembuh sebanyak 38 orang. Angka kematian hingga hari ini berjumlah 102 orang. Sedangkan untuk pasien konfirmasi positif aktif hari ini berjumlah 480 orang, bertambah 12 orang dibanding hari sebelumnya," kata juru bicara GTPP COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan, Senin (11/01/2021).
(boy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2989 seconds (11.97#12.26)