Antisipasi Badai Siklon Tropis, Pemkot Gorontalo Imbau Warga Waspada

Senin, 19 April 2021 - 22:32 WIB
loading...
Antisipasi Badai Siklon Tropis, Pemkot Gorontalo Imbau Warga Waspada
Antisipasi Badai Siklon Tropis, Pemkot Gorontalo Imbau Warga Waspada
A A A
KOTA GORONTALO -
Pemerintah Kota Gorontalo melakukan tindakan cepat terhadap potensi terjadinya siklon tropis, yang diprediksi turut menyasar wilayah sebagian Sulawesi dan Gorontalo.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan peringatan dini sejumlah wilayah di Indonesia untuk waspada, terhadap dampak pergeseran siklon tropis surigae berdasarkan data BMKG.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Gorontalo Iskandar Moerad, menerangkan langkah cepat yang dilakukan Pemkot bersama Polres Gorontalo Kota dan TNI membentuk posko terpadu siaga bencana, bertempat di depan Rumah Dinas Gubernur Gorontalo.

Hal lain yang dilakukan, ungkap Iskandar dengan mengeluarkan Edaran Wali kota Gorontalo kepada masyarakat melalui camat dan lurah setempat. "Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Gorontalo tertanggal 14 April 2021, tentang langkah - langkah antisipasi kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit siklon tropis 94 W," ujar Islandar.

Dalam surat itu, Iskandar menyebut terdapat 6 point penting yang diperlu diperhatikan untuk menghindari resiko bencana siklon tropis.

Pertama masyarakat diminta untuk berhati - hati ketika beraktifitas di luar rumah karena cuaca ekstrim, akibat bencana siklon tropis.

" Kami mengimbau untuk lebih mawas diri, karena potensi yang diakibatkan cukup rawan, yaitu hujan lebat, angin kencang, longsor dan air pasang ombak," katanya.

Pada poin kedua, masyarakat diimbau untuk segera mencari tempat yang aman menghindari bencana tersebut.

Masyarakat diharapkan senantiasa mengecek kondisi rumah dan bangunan yang ditinggali, untuk mengantisipasi terjadinya angin kencang dan hujan lebat.

Imbauan berikutnya, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan, seperti Kecamatan Dumbo Raya, Hulonthalangi dan Kota Barat diminta mawas dan tetap waspada terhadap resiko tanah longsor.

Demikian juga masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bone dan Bolango untuk berjaga diri dari ancaman banjir bandang.

Terakhir bagi masyarakat yang ingin meminta bantuan, sesegara mungkin dapat menghubungi pihak BPBD melalui telpon darurat Badan Penanggulangan Bencana dan pemadam kebakaran di nomor 0435 - 822602 dan 082259934143.

" Kami juga standby di Posko Terpadu Siaga Bencana Kota Gorontalo, jika terjadi bencana silahkan datang langsung ke posko tersebut," ucap Iskandar.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)