Selama Lockdown, KDRT di Malaysia Meningkat

Minggu, 19 April 2020 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Di Malaysia, di mana perusahaan kecil dan menengah, termasuk pemilik kios dan keluarga yang dikelola, membuat 90 persen dari kekuatan ekonomi telah melihat hilangnya pendapatan yang sangat besar bagi banyak individu di berbagai sektor.

Menurut Tan, kondisi ini memperburuk ketergantungan finansial yang dialami para korban kekerasan dalam rumah tangga terhadap para pelaku kekerasan.

Para wanita dari kelompok berpenghasilan rendah, kata para aktivis, juga lebih terpengaruh secara drastic. Sebab, sebagian besar bergantung pada rumah atau usaha kecil yang telah terkena dampak penguncian.

Krisis saat ini juga berdampak pada para penyintas yang telah meninggalkan pelaku kekerasan. Menurut WAO, 30 persen mantan penghuni rumah singgah, tidak dapat bekerja karena penguncian, sementara 25 persen masih mencari pekerjaan.

Masyarakat Aksi Semua Wanita (AWAM) melaporkan kasus pelaku kekerasan dalam rumah tangga yang menggunakan ancaman untuk tidak menghidupi para korban, yang membuat situasi kekerasan bahkan lebih mengerikan dan berbahaya bagi korban.

“Keluarga korban mengetahui situasi itu, tetapi merasa tidak berdaya karena mereka tinggal jauh dan tidak dapat berada di sana untuk putri mereka, karena penguncian,” kata seorang perwakilan AWAM.

Kelompok-kelompok HAM di Malaysia telah menyoroti seruan agar pemerintah mengambil tindakan lebih substantif untuk mendukung perempuan, terutama karena masa lockdown telah diperpanjang.

Kelompok Aksi Bersama untuk Kesetaraan Gender mendesak Kementerian Wanita dan Keluarga Malaysia untuk memberlakukan kebijakan yang diperlukan selama periode ini.

"Mengingat krisis saat ini, banyak negara menyaksikan, lonjakan kekerasan dalam rumah tangga yang ditujukan pada perempuan dan anak perempuan, sebagaimana diperingatkan oleh Sekretaris Jenderal PBB," katanya.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)