alexametrics

Masjid Gedhe Kauman Yogya Ajak Warga Takbiran dari Depan Rumah

loading...
Masjid Gedhe Kauman Yogya Ajak Warga Takbiran dari Depan Rumah
Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menyatakan akan tetap menggelar takbir pada malam Lebaran. FOTO/DOK.SINDOphoto
A+ A-
YOGYAKARTA - Bagi umat Islam, perayaanIdul Fitrimenjadi momentum besar setelah bulan Ramadhan. Beragam kegiatan dilakukan untuk menyemarakkannya, sepertitakbir kelilingyang diwarnai dengan atraksi lampion dan atraksi remaja masjid lainnya.

Di masa pandemi virus corona jenis baru, COVID-19, takbir keliling ditiadakan. Namun untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri,Masjid Gedhe Kauman Yogyakartamenyatakan akan tetap menggelar takbir pada malam Lebaran. Untuk mencegah penyebaran virus corona, maka konsep takbiran pun berbeda dari sebelumnya. Takmir masjid mengajak warga takbir bersama dari depan rumah masing-masing.

"Jadi kita tetap takbir dengansound systembesar dari masjid dan masyarakat mengikuti dari depan rumah masing-masing," kata Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Azman Latief kepadaSINDOnews, Rabu (20/5/2020).(Baca juga:Cegah Penyebaran Corona, Pemkab Pekalongan Tak Gelar Salat Idul Fitri)



Dijelaskan, meski pandemi corona masih berlangsung, Azman berharap gema takbir tetap berkumandang. Hal ini untuk menunjukkan umat Islam merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Jadi kita buat konsep lain. Takbir dari depan rumah masing-masing dan tetap menjaga jarak atau physical distancing," katanya.

Rencananya agenda takbir bersama dengan komando dari masjid milik Keraton Yogyakarta ini digelar pada Sabtu (23/5/2020) usai salat isya. Takbiran akan berakhir pada pukul 23.00 WIB.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak