Polres Gunungkidul Larang Warga Takbir Keliling saat Malam Idulfitri

Senin, 17 April 2023 - 10:18 WIB
loading...
Polres Gunungkidul Larang Warga Takbir Keliling saat Malam Idulfitri
Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan untuk sementara pihaknya memang tidak mengeluarkan izin takbir keliling. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Polres Gunungkidul tidak memperkenankan warganya untuk melaksanakan takbir keliling . Masyarakat diminta melaksanakan takbir dari masjid masing-masing tidak perlu berkeliling .

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan untuk sementara pihaknya memang tidak mengeluarkan izin takbir keliling. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke tingkat bawah melalui Bhabinkamtibmas ke masing-masing kelurahan diteruskan ke masjid-masjid.

"Kami sudah mengeluarkan imbauan. Untuk sementara jangan melakukan takbir keliling," kata dia usia gelar pasukan Operasi Progo 2023, Senin (17/4/2023).

Dia menambahkan untuk operasi Progo 2023 menjelang dan sesudah lebaran akan ada 306 personel Polri yang mereka kerahkan selama 10 hari. Polri akan dibantu oleh instansi lain sebanyak 103 orang yang akan disebar sesuai dengan kebutuhan.

Selama 10 hari ke depan, pihaknya akan mengoperasionalkan 7 pos masing-masing pos pantau dan pos pengaturan. Di samping juga pos pelayanan ditambah support-support dan jumlahnya 60 untuk postur (pos pengaturan).

Nanti secara teknis pelaksanaannya di setiap pos itu bukan hanya tugas jaga namun melaksanakan patroli dan melaksanakan kegiatan-kegiatan kepolisian kemudian melaksanakan pemeriksaan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Apabila masyarakat membutuhkan terutama masyarakat yang belum tahu informasi terkait dengan letak geografis kemudian juga Bagaimana kondisi jalan kemudian lokasi wisata dan tempat-tempat yang strategi selain terutama pelayanan kesehatan," terang dia.

Terkait dengan dua kali hari raya, maka bisa memastikan karena memang belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah. Hanya saja dia menandaskan pihaknya siap melakukan pengamanan di setiap event dan kegiatan masyarakat.

Kepada para pemudik, pihaknya meminta agar memastikan kendaraannya untuk bebar-benar fit. Demikian juga kondisi badan harus benar sehat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca: Kemenhub Optimistis Tak Ada Antrean Panjang Truk di Pelabuhan Ciwandan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap agar seluruh masyarakat Gunungkidul menanggapi dengan baik para pemudik ataupun wisatawan yang berlibur selama libur lebaran ini. Karena ia yakin, hajatan tahunan ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga kesejahteraan tetap terjaga.

"Kita harus memastikan tempat-tempat wisata aman dan kemudian bisa sampai ke rumahnya harapan kita aman nyaman dan bahagia di Gunungkidul," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)