Tidak Ditemukan Bukti Covid-19 dari Laboratorium Wuhan

Sabtu, 18 April 2020 - 16:16 WIB
loading...
Tidak Ditemukan Bukti Covid-19 dari Laboratorium Wuhan
Seorang pekerja beraktivitas di sebuah laboratorium di China. Foto/ China Daily via REUTERS
A A A
PARIS - Kabar terkait pandemi virus corona baru alias covid-19 berasal dari laboratorium virologi di Wuhan, China, hingga kini belum bisa dibuktikan. Seorang pejabat kepresidenan Prancis menegaskan sampai saat ini tidak ditemukan adanya bukti faktual untuk mendukung klaim yang didukung oleh Amerika Serikat (AS).

“Kami ingin memperjelas bahwa sampai hari ini tidak ada bukti faktual yang menguatkan informasi yang baru-baru ini beredar di pers Amerika Serikat yang membangun hubungan antara asal-usul covid-19 dan karya laboratorium P4 di Wuhan, China," kata pejabat itu kepada wartawan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (18/4/2020).

Bukan hanya media AS yang menjalankan teori yang tidak berdasar itu. Media Prancis juga mengaitkannya, didukung oleh Presiden Emmanuel Macron yang baru-baru ini mempertanyakan apakah Beijing telah sepenuhnya jujur tentang apa yang terjadi pada masa awal epidemi.

"Jelas ada hal-hal yang terjadi yang tidak kita ketahui," kata Macron kepada Financial Times pada hari Kamis.

Komentarnya muncul setelah Kementerian Luar Negeri Prancis memanggil duta besar China sebagai tanggapan terhadap artikel di situs Kedutaan Besar China yang menyarankan beberapa negara Barat meninggalkan orang tua untuk meninggal di rumah perawatan, seperti yang terjadi di Spanyol.



China menolak hal itu sebagai "kesalahpahaman," dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian menunjukkan bahwa Beijing tidak membuat komentar negatif tentang tanggapan Prancis terhadap krisis.

Sementara pemerintah AS belum secara resmi menuduh Beijing melepaskan virus Corona pada dunia, ia telah mengisyaratkan semakin banyak cara Partai Komunis China bertanggung jawab atas epidemi tersebut, mengeluh karena menutupi wabah itu, menekan laporan yang keluar dari China.

Terbaru AS menuding China tidak bersikap terbuka dan transparan yang seharusnya dibutuhkan untuk mengoperasikan laboratorium virologi yang aman.

Beijing sendiri telah berulang kali membantah tuduhan bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium Wuhan.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)