Chaidir Syam Siapkan Solusi Tangani Banjir di Galaggara dan Sampobia

Kamis, 11 Maret 2021 - 19:05 WIB
loading...
A A A
"Ini memang harus dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi dari hulu ke hilir, termasuk warga yang hidup di sekitar bantaran sungai," paparnya.

Ke depannya, Chaidir mengaku akan berupaya untuk melakukan pengerukan Sungai Galaggara yang kondisinya dangkal dan sempit. Termasuk pemasangan tanggul penahan air yang meluap ke jalan raya. Jika perlu, sungai yang berkelok-kelok itu bisa direkayasa.

Selain itu, kondisi di hulu sungai juga harus diperhatikan dengan tetap menjaga hutan supaya ketika hujan deras , air dari hulu juga tidak terlalu deras menuju ke hilir.

"Jangka pendeknya memang pengerukan dan berupaya melakukan rekayasa aliran sungai yang berkelok, khusus di Galaggara. Nah yang penting juga kondisi hulu kita, hutannya harus terjaga agar air tidak terlalu deras ke hilir," terangnya.



Sementara untuk jangka panjang, Chaidir berencana akan membuat sebuah waduk besar di hulu. Selain untuk mengatasi banjir , waduk ini juga bisa menjadi solusi atas pertanian dan kebutuhan air bersih utamanya di wilayah utara Maros.

"Jangka panjangnya memang waduk atau DAM di hulu. Ini kita masih melakukan pengakajian, termasuk lokasinya cocok di mana di Tompobulu atau di kecamatan apa. Kita harapkan pemerintah pusat juga membantu mewujudkannya," pungkas Chaidir .
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)