Tak Ada Job, Para Mantan Pesepak Bola Nasional Ini Nekad Jual Narkoba

Senin, 18 Mei 2020 - 15:06 WIB
loading...
Tak Ada Job, Para Mantan Pesepak Bola Nasional Ini Nekad Jual Narkoba
BNNP Jawa Timur memperlihatkan empat terduga pengedar narkoba saat rilis kasus ini di Surabaya, kemarin. FOTO/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Tiga pemain sepak bola diamankan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur (Jatim) lantaran diduga terlibat kasus narkoba jenis sabu. Ketiganya diamankan di sebuah hotel kawasan Sedati, Sidoarjo pada Minggu (17/5/2020) pukul 12.50 WIB.

Ketiga pemain sepak bola itu antara lain, mantan pemain Persela Lamongan Eko Susan Indarto, mantan kiper PSMS Medan Choirun Nasirin, dan mantan Ketua Askot Jakata Utara Dedi A Manik. BNNP Jatim juga mengamankan seorang sopir, Novin Ardian. (Baca juga: Gergaji Pipa Minyak Pertamina, 2 Pemuda Ini Lebaran di Penjara)

Menurut Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Priyambadha, kasus ini terungkap dari informasi masyarakat yang menyebut sering terjadi transaksi narkoba di sekitar Buduran, Sidoarjo. Petugas lantas menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan penyelidikan.

“Dari hasil pendalaman, diduga terjadi transaksi narkotika jenis methapethamin yang dilakukan pelaku Nasirin,” katanya di Kantor BNNP Jatim Jalan Sukomanunggal, Senin (18/5/2020).

Pelaku Nasirin, lanjut dia, sering bertransaksi di daerah Sidoarjo dan sekitarnya. Pada Minggu (17/5/2020) pukul 12.20 WIB, petugas BNNP Jatim mengintai Nasirin yang menuju hotel di kawasan Sedati, Sidoarjo. Dia ternyata menemui seseorang yang datang menggunakan mobil MPV bernomor polisi H 9314 AW. Tak lama berselang datang seseorang yang kemudian bergabung dalam kamar 130.

“Kami kemudian mengamankan tersangka serta barang bukti. Lalu menginterogasi dan menggeledah kamar hotel. Dari hasil profiling terhadap Nasirin, narkotika diperoleh dari Dedi Manik," ungkap Bambang.

Dari penggeledahan diperoleh barang bukti jenis methapetamine sebanyak 5.000 gram. Hasil interogasi dan jejak digital para tersangka terungkap fakta adanya clandestine laboratory di wilayah Mijen, Semarang. Selanjutnya para tersangka dibawa menuju Mijen.

Di lokasi klaster Graha Taman Pelangi C3 nomor 3, BNNP Jatim mengungkap praktik clandestine laboratory dengan sisa prekusor narkotika jenis HCL dan asetone serta perlatan produkasi lainnya. Setelah itu dilakukan koordinasi dengan aparat setempat serta penyidik BNNP Jawa Tengah. Selanjutnya, seluruh barang bukti dista untuk penyidikan.

Kabid Pemberantasan BNNP Jatim Kombes Pol Arief Darmawan menambahkan, para pemain sepak bola ini nekad berjualan sabu lantaran terdesak kebutuhan ekonomi. Kompetisi sepak bola dihentikan akibat COVID-19, mereka terpaksa berjualan barang haram tersebut untuk menyambung hidup. “Ya karena tidak ada penghasilan karena tidak ada kompetisi (akhirnya berjualan sabu),” ujarnya.

Total barang bukti yang disita yaitu tujuh paket narkotika jenis methapetamine. Masing-masing di beri tanda. Di antaranya 1.030 gram, 1.032 gram, 1.033 gram, 1.030 gram, 1.032 gram, 107 gram dan 55 gram. Berat totalnya 5.319 gram bruto. Kemudian disita juga dua kartu ATM dan barang bukti lain terkait transaksi narkoba ini.

Dalam perkara ini, para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (2) juncto pasal 129 huruf a dan huruf d juncto pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)