Lansia Rawan Terpapar COVID-19, Perlu Edukasi Sebelum Pemberian Vaksin

loading...
Lansia Rawan Terpapar COVID-19, Perlu Edukasi Sebelum Pemberian Vaksin
Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah (71), menjadi warga lanjut usia (lansia) pertama yang menerima vaksin COVID-19 di Jakarta Utara. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
JEMBER - Usia warga lansia rentan dan mudah terpapar virus COVID-19 , termasuk di Jember, Jawa Timur. Pada konteks inilah lansia perlu mendapatkan edukasi yang tepat sebelum dilakukan vaksinasi COVID-19 .

Baca juga: Bodebek-Bandung Raya Prioritas Vaksinasi Tahap II, Lansia Terima Layanan Khusus

Pemerintah dan rakyat Indonesia, menaruh harapan agar melalui program vaksinasi ini semua masyarakat dapat memperoleh kesempatan vaksinasi, untuk mewujudkan herd immunity dalam waktu tidak terlalu lama, sehingga Indonesia dapat keluar dari pandemi COVID-19 .





Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 ( COVID-19 ).

Baca juga: Malang Gempar, Ada Pasutri Miliki 15 Anak, Kartu Keluarganya Sampai 2 Lembar

Namun dari tujuh vaksin COVID-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac . Sesuai dengan data-data hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18-59 tahun.



Mengacu dari angka kematian akibat COVID-19 pada umumnya terjadi pada kelompok usia lanjut (lansia), maka kelompok populasi ini turut menjadi prioritas untuk memperoleh hak akses vaksin yang sama. Baca juga: Tipu Warga Rp500 Juta, Pria Asal Padang Pariaman Dibekuk Saat Asyik Makan di Restoran
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top