Bodebek-Bandung Raya Prioritas Vaksinasi Tahap II, Lansia Terima Layanan Khusus

loading...
Bodebek-Bandung Raya Prioritas Vaksinasi Tahap II, Lansia Terima Layanan Khusus
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, lansia bakal menerima layanan khusus dalam program vaksinasi COVID-19 tahap II di Jabar. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap II di Provinsi Jabar.

Baca juga: Pekan Depan, 305.000 Lansia di Kota Bandung Bakal Divaksinasi

Vaksinasi COVID-19 tahap II tersebut akan menyasar warga berprofesi rentan, seperti pedagang pasar, pegawai negeri sipil (PNS), personel TNI/Polri, guru, hingga para lanjut usia (lansia) yang mencapai 6.558.526 orang.

Baca juga: Incar Kursi Ketua Golkar Jabar, Ridwan Kamil Memicu Risiko Besar

Vaksinasi COVID-19 tahap II yang dilaksanakan merupakan kelanjutan program serupa dengan sasaran tenaga kesehatan yang capaiannya saat ini sudah 82% di mana 46% di antaranya sudah mendapatkan 2 dosis penyuntikan.

"Nah, (vaksinasi COVID-19) akan kita lakukan di wilayah dengan kasus (COVID-19) yang tinggi. Jadi, mayoritas di Bodebek dan Bandung Raya itu akan didahulukan," ujar Ridwan Kamil seusai Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jabar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).





Lebih lanjut, Gubernur yang akrab disapa Emil itu menyatakan, khusus bagi para lansia, pihaknya akan memberikan perhatian ekstra dengan menyiapkan layanan khusus. Emil menyadari bahwa lansia memiliki keterbatasan fisik. Mereka tidak bisa melakukan mekanisme yang berlaku, seperti mengantre di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Oleh karenanya, Emil mengaku, sudah mengajukan izin kepada pemerintah pusat, termasuk presiden untuk menerapkan sistem jemput bola menggunakan mobil.



"Itulah kenapa kami diizinkan oleh presiden dan menteri dalam negeri untuk menggunakan inovasi mobil vaksin. Jadi, nanti jangan kaget kalau ada mobil vaksinasi Jabar muter-muter di daerah yang sulit atau menjemput lansia yang mungkin secara fisik merepotkan untuk melakukan antrean dan prosedur ini," jelas Emil.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top