Jalaludin Rakhmat Dimakamkan dengan Protokol COVID-19, Dikenal Dekat dengan Warga

Senin, 15 Februari 2021 - 20:14 WIB
loading...
Jalaludin Rakhmat Dimakamkan dengan Protokol COVID-19, Dikenal Dekat dengan Warga
Karangan bunga ucapan duka cita atas meninggalnya Jalaludin Rakhmat dan istrinya, Euis Kartini berjejer di halaman SMA Plus Muthahari, Bandung, Senin (15/2/2021) malam. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Jenazah cendikiawan dan mubaligh Islam terkemuka Jalaludin Rakhmat langsung dimakamkan di pemakaman keluarga dengan protokol COVID-19 , Senin (15/2/2021) malam.



Jalaludin sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test. Setelah menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Santosa Internasional Bandung, Jalaludin Rahmat dinyatakan meninggal dunia, Senin (15/2/2021) pukul 15.45 WIB.

Jalaludin Rakhmat Dimakamkan dengan Protokol COVID-19, Dikenal Dekat dengan Warga

Jenazah cendikiawan dan mubaligh Islam terkemuka Jalaludin Rakhmat langsung dimakamkan di pemakaman keluarga dengan protokol COVID-19, Senin (15/2/2021) malam. Foto/Ist

"Sebelum meninggal, Bapak awalnya mengalami gejala batuk-batuk dan demam. Lalu, oleh anaknya yang dokter dirapid test antigen dan hasilnya positif. Untuk memastikan, Bapak menjalani swab test dengan hasil positif. Beberapa hari dirawat, saya lupa kapan mulai dirawatnya, Bapak meninggal dunia hari ini," tutur Erwin Edi Sanjaya, staf pengajar di SMA Plus Muthahari di Jalan Kampus II Nomor 13-17, Kelurahan Babakan Sari, Kecmata, Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (15/2/2021) malam.


Menurut Edwin, jenazah Kang Jalal, panggilan karib Jalaludin Rakhmat langsung dimakamkan di pemakaman keluarga di SMP Plus Muthahari di Lembang Gede, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Pemakaman, kata Edwin, dilaksanakan dengan protokol COVID-19 .

"Malam ini juga langsung dimakamkan. Kami tidak bisa mengantarkan Bapak ke tempat peristirahatan terakhirnya. Banyak juga warga di sini yang ingin mengantarkan Bapak, tapi tidak bisa karena protokol COVID," kata Edwin seraya mengatakan bahwa Yayasan Muthahari milik Jalaludin Rakhmat .

Edwin yang juga tetangga dekat Kang Jalal mengungkapkan, Kang Jalal merupakan sosok yang sangat dekat dengan warga, khususnya di sekitar kediamannya. Kediaman Kang Jalal sendiri lokasinya tak jauh dari lokasi SMA Plus Muthahari, tepatnya di Jalan Kampus III Nomor 4, Kelurahan Babakan Sari, Kecmata, Kiaracondong, Kota Bandung.

"Bapak itu sangat dekat dengan warga, makanya warga di sini sangat kehilangan," ucap Edwin.

Warga, kata Edwin semakin kehilangan karena sang istri, Euis Kartini juga telah lebih dulu berpulang pada 11 Januari 2021 lalu. Edwin juga mengakui bahwa Euis terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ibu itu punya penyakit ginjal, harus cuci darah. Makanya, saat tahu Ibu positif (COVID-19) kami sangat khawatir hingga akhirnya meninggal dunia. Hari ini Bapak menyusul ibu, makanya warga sangat kehilangan," tutur Edwin.

"Mereka (warga) juga agak kecewa karena tidak bisa mengantarkan Bapak, termasuk Ibu. Padahal, semasa hidupnya Bapak dan Ibu kerap bersilaturahmi, termasuk takziah kepada keluarga warga yang meninggal," sambungnya.

Tak lupa, Edwin pun memohon doa kepada seluruh masyarakat, agar almarhum Kang Jalal dan istrinya diterima iman Islamnya dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Mungkin ini yang namanya cinta sejati, mohon doanya agar Bapak dan Ibu mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, sejumlah karangan bunga duka cita atas meninggalnya Euis Kartini masih tampak berjejer di halaman SMA Plus Muthahari, termasuk karangan bunga duka cita atas meninggalnya Jalaludin Rakhmat pun mulai berdatangan.

Diketahui, Jalaludin Rakhmat lahir di Bandung, 29 Agustus 1949. Setelah lama menjadi dosen di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, pada 2014, dia terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan menduduki jabatan anggota Komisi VIII yang membidangi agama dan sosial.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)