Klaster Gaple, Burung, hingga Game Bikin Kasus COVID-19 di Desa ini Melonjak

Sabtu, 13 Februari 2021 - 08:35 WIB
loading...
Klaster Gaple, Burung, hingga Game Bikin Kasus COVID-19 di Desa ini Melonjak
Kasus COVID- 19 di Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan terus melonjak sejak sepekan terakhir. Dimana lonjakan kasus didominasi dari Klaster Gaple, Burung hingga Klaster Permainan Game. iNews TV/Wiwin
A A A
BANGKA SELATAN - Kasus COVID-19 di Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan terus melonjak sejak sepekan terakhir. Dimana lonjakan kasus didominasi dari Klaster Gaple, Burung hingga klaster permainan game.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Bangka Selatan, Supriyadi mengatakan, hingga Saat ini Kasus COVID-19 di Desa Bencah sudah mencapai 45 kasus dari berbagai Klaster.

"Berdasarkan data yang masuk ke Satgas Penanganan COVID-19 Bangka Selatan, melonjaknya kasus Positif Antigen di desa Bencah disebabkan dari beberapa Klaster seperti Klaster gaple 15 orang, Klaster burung 8 orang, Klaster permainan game 5 orang dan sisanya dari Klaster keluarga," katanya Sabtu (13/02/2021).

Semua warga yang telah dinyatakan Positif berdasarkan hasil Rapid Antigen kata dia, saat ini sudah menajalani karantina dan isolasi mandiri. "Sebagian dikarantina di Gedung diklat Pemkab Bangka Selatan, Sebagian di Karantina di lokasi karantina desa dan sebagiannya lagi isolasi mandiri," ucapnya.

Kepala Desa Bencah Heri Purnomo mengatakan, membludaknya kasus COVID- 19 di desanya tersebut berawal dari salah seorang warga berinisial AR sepulang dari mengikuti kontes burung di beberapa daerah di pulau Bangka. Baca: Dua Rumah Warga di Rangkasbitung Terbakar, Satu Orang Tewas Terpanggang.

"Beberapa hari setelah pulang kontes burung, seorang warga kita ini mengaku kehilangan Indra penciuman tapi tidak melapor ke Puskesmas, dan yang bersangkutan masih sempat ikut main gaple di desa kami. setelah kita paksa untuk melakukan tes hasilnya ternyata positif termasuk keluarganya ikut tertular. setelah di tracing ternyata banyak warga kami yang sempat kontak dengan yang bersangkutan dan warga yang sempat kontak itu juga hasilnya positif. makanya jadi banyak kasus seperti ini," katanya. Baca Juga: Tangkap 3 Pemuda, Polres Bangka Selatan Temukan 36 Paket Sabu Siap Edar.

Akibat melonjaknya kasus tersebut, Satgas Penangan COVID-19 Bangka Belitung dan Satgas Penanganan Covid- 19 Bangka Selatan akan melakukan Swab Massal pada 17 Februari mendatang dan juga akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala kecil (Mikro) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Desa Bencah.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)