Gubernur Sulsel Kunjungi Tana Beru, Desa Asal Lahirnya Kapal Pinisi

Kamis, 04 Februari 2021 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Ulli menyampaikan, kemampuan membuat kapal diwarisi dari orang tuanya, Haji Muslim Baso. Ia merekrut tenaga kerja dari warga setempat sebagai upaya pelestarian budaya dari nenek moyang.

Ia menjelaskan, pemesan kapal kebanyakan datang dari luar negeri, sebanyak 75 persen. Pemesan biasanya melakukan survei terlebih dulu sebelum memesan. Tanpa promosi, karyanya dikenal dari unggahan sosial media para wisatawan.

"Rata-rata mereka melakukan survei. Saya berkomunikasi langsung, kalau rumit pakai penerjemah bahasa. Kapal ini investasinya besar, otomatis orang melalui tahap survei dulu. Kami tidak pernah upload di medsos . Cuma pengunjung datang foto-foto meminta izin (upload), kami bilang silahkan itu bagian dari promosi," ungkapnya.



Saat Nurdin berkunjung, Ulli dan pekerjanya sedang mengerjakan kapal pesanan pengusaha asal Kalimantan keturunan Bugis . Kapal yang dipesan memiliki panjang 50 meter, lebar 13 meter dan tinggi badan 5,3 meter, dengan harga mencapai miliaran rupiah.

"Ini besar dan dari bahan kayu terpilih, badan kapal menggunakan kayu besi semua. Kalau masuk di struktur bangunan atas itu ada campuran kayu besi dan kayu jati. Kami hanya membuat kapalnya , interior dikerjakan oleh pihak lain. Kapal dikerjakan sembilan orang dengan penyelesaiannya dua tahun," jelasnya.

Dalam mengerjakan kapal , terkadang mereka tidak menggunakan desain. Desain digunakan ketika ada pesanan dengan spesifikasi khusus, misalnya dalam jumlah kabin dan kamar.

Ia menyampaikan harapannya kepada pemerintah agar bisa menghadirkan fasilitas docking kapal .



"Harapan kami, semoga Pak Gub bisa fasilitasi di pusat. Yang mau berinvestasi di sini terutama untuk membangun docking untuk perawatan kapal . Karena sangat lucu kita ahli pembuat kapal di sini tetapi sarana memperbaiki untuk perawatan kapal tidak ada," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)