Tinjau Pulau Lantigiang Selayar, Nurdin Sebut Tidak Mungkin Diperjual-belikan

Rabu, 03 Februari 2021 - 18:23 WIB
loading...
Tinjau Pulau Lantigiang Selayar, Nurdin Sebut Tidak Mungkin Diperjual-belikan
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau pulau Lantigiang Selayar karena diduga dijual oleh pihak lain. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan , Nurdin Abdullah melakukan peninjauan langsung ke Pulau Lantigiang , usai menerima laporan bahwa pulau yang berada di Kepulauan Selayar ini diperjual-belikan.

Pulau ini berada di Kawasan Taman Nasional Takabonerate, dengan menggunakan helikopter menijau pulau. Ia didampingi oleh Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali, Rabu, (3/02/2021).

Pulau ini secara administrasi berada di wilayah Desa Jinato. Dengan luas pulau sekira 5,6 Ha. Nurdin menyebutkan bahwa pulaunya memiliki atol (pulau koral) yang menarik.



Pulau didominasi oleh tumbuhan jenis cemara laut, santigi pasir dan dan ketapang. Juga menjadi tempat bertelur satwa dilindungi jenis penyu.

"Saya kira tidak akan mungkin untuk dibeli oleh siapapun. Karena sudah menjadi kawasan nasional ," kata Nurdin Abdullah.

Ia menegaskan bahwa pulau ini telah kembali secara utuh dan sekarang dalam proses hukum. Terdapat rencana bahwa pulau tersebut akan dibangun resort di atas atol.

"Saya kira soal pulau kita, insyaallah itu tidak akan mungkin bisa diperjual-belikan. Dan kepada seluruh masyarakat, saya berharap Taman Nasional Takabonerate ini adalah kawasan strategis yang tentu kita lindungi," tegasnya.

Lanjutnya, bahwa Bupati Selayar telah mengambil langkah-langkah dan sekarang kasusnya ditangani pihak kepolisian. Transaksi awal yang dilakukan adalah dengan panjar Rp10 juta dari dugaan penjualan pulau seharga Rp900 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)