Peduli Korban PHK, Karang Taruna Ini Bagikan Paket Sembako

Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:00 WIB
loading...
Peduli Korban PHK, Karang Taruna Ini Bagikan Paket Sembako
Karang Taruna Patriot menyerahkan paket sembako kepada salah satu warga terdampak virus corona, Kamis (14/5/2020).Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Pandemi virus corona atau Covid-19 berdampak pada maraknya PHK (pemutusan hubungan kerja). Salah satunya Muhammad Nabil, warga Desa Brumbungan Lor, Probolinggo yang tidak lagi berpenghasilan menjelang lebaran ini.

“Tadinya saya bekerja di salah satu toko baju di Bali. Tetapi pada 30 April lalu, saya terkena pengurangan karyawan dan harus pulang ke kampung halaman," ujar Nabil yang masih menjalani karantina di desanya, Brumbungan Lor.

Karena itu Nabil sangat bersyukur ketika datang bantuan dari Karang Taruna (Kartar) Brumbungan Lor ini. “Saya berterima kasih dengan adanya bantuan paket sembako ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menyambung hidup sehari-hari mengingat tak ada lagi penghasilan,” imbuh Nabil seperti rilis yang diterima sindonews, Sabtu (16/5/2020)

Pandemi corona juga memberikan dampak bagi Wawan. Warga Dusun Klojen, Desa Martopuro, Pasuruan ini sudah dua bulan dirumahkan karena Restoran Sederhana Purwodadi, tempatnya bekerja tutup sejak Maret lalu. Karena tidak ada pemasukan, Wawan harus berhemat. Padahal ia harus menghidupi istri dan dua anaknya yang masih kecil.

Tetapi, Rabu (13/5/2020) Wawan bisa bernafas lega. Ia juga mendapatkan bantuan paket sembako Ramadhan Heppiii dari Kartar Dusun Klojen. “Bantuan paket sembako ini benar-benar sangat membantu saya karena saya sudah dua bulan ini tidak mempunyai penghasilan. Sejak adanya pandemi virus corona ini, restoran tempat saya bekerja tutup dan semua karyawan dirumahkan,” ungkap Wawan.

Ketua Karang Taruna Patriot Desa Brumbungan Lor, Faqih Rizky Muhammad, paket sembako berupa 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula, dan roti tersebut dibagikan untuk para korban PHK maupun mereka yang dirumahkan. Proses pembagian dilakukan dengan sistem door to door atau mendatangi langsung mereka yang berhak menerima.

“Ini menjadi bentuk kepedulian kami dari komunitas Heppiii Community untuk membantu warga yang tengah mengalami kesulitan ekonomi di tengah pandemi corona. Semoga bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi mereka,” urai Faqih.

Pendapat senada juga diungkapkan Koordinator Heppiii Community Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Waluyo Utomo. Menurutnya, anggota kartar merasa senang bisa melakukan tindakan baik di Ramadhan.

“Aksi ini tentu menjadi pembelajaran positif bagi anggota Karta untuk meringankan beban orang-orang yang terkena PHK maupun dirumahkan. Apalagi selama ini belum ada bantuan untuk mereka,” terang Waluyo.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Labruk Kidul, Wahyudi Rosad menuturkan 110 paket sembako telah disalurkan kepada warga terdampak Covid-19, yang sebagian besar merupakan pedagang. Menurutnya, pendistribusian bantuan ini disebar melalui masing-masing RW.

“Kami merasa bersyukur karena paling tidak kami ikut berperan dan berkontribusi ke masyarakat untuk menyalurkan bantuan tersebut. Ini menjadi bentuk kontribusi Karta untuk masyarakat Labruk Kidul,” katanya.

Total sembako yang dibagikan dalam program Ramadhan Heppiii ini mencapai 2.090 paket. Paket sembako tersebut disalurkan oleh 19 Karta yang tergabung dalam Heppiii Community di wilayah Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)