Ada Peredaran Narkoba, Kepala Lapas Jambulah Diperiksa Polres Ternate

Senin, 01 Februari 2021 - 16:16 WIB
loading...
Ada Peredaran Narkoba, Kepala Lapas Jambulah Diperiksa Polres Ternate
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas Kelas II A) Jambulah Ternate, Maman Hermawan, diperiksa Satreskoba Polres Ternate. Foto/iNews TV/Ismail Sangaji
A A A
TERNATE - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jambulah Ternate, Maman Hermawan menjalani pemeriksaan di Satreskoba Polres Ternate. Pemeriksaan itu terkait dengan pengungkapan kasus narkoba yang selama ini bermuara di Lapas Kelas II A Jambulah.



"Iya tapi tidak spesifik ke sana secara umum saja. Ya sejenis minta keterangan, bagaimana di lapas itu? fungsinya seperti apa lapas? itu saja," tutur Maman Hermawan, Senin (1/02/2020).

Pihak lapas menyadarai bahwa, narkoba yang selama ini mengarah ke Lapas, bermula dari telepon seluler yang dimiliki oleh para napi. "Kalau pembicaraan kami ke telepon seluler ya. Kalau untuk keberadaan narkoba di satu titik tertentu, itu kan yang tahu penyidik bukan kami di Lapas," terangnya.



Tapi dia memastikan, di Lapas tidak ada narkoba. Apabila ada pegawai yang berbaju (Sipir) terlibat peredaran narkoba , berarti penghianat di Lapas. "Kalau memang ada seperti itu, sampaikan ke kami dan akan kami tindak," tegasnya.



Kasatreskoba Polres Ternate, AKP Bahrun Saban menyampaikan, penangkapan yang dilakukan oleh Satreskoba Polres Ternate, selama ini selalu mengarah ke Lapas , dan kehadiran Kalapas untuk dimintai keterangan.

"Dari sekian yang kami tangkap, kurir narkoba itu berkaitan dengan warga binaan di Lapas. Sehingga tidak mungkin alat komunikasi itu masuk ke dalam sendiri. Kami membutuhkan penjelasan dari beliau, sejauh mana pengawasan beliau ke dalam warga binaan," kata Bahrun.



Selama pengungkapan kasus narkoba yang dilakulan Polres Ternate, ada sepuluh kasus yang bermuara atau dikendalikan dari dalan jeruji Lapas Jambulah Ternate. "Kalau data kami, hampir sepuluh kasus yang mengarah ke Lapas. Terakhir ada tiga kasus yang berkaitan dengan warga binaan di Lapas," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)