3.000 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Luwu Utara

Jum'at, 29 Januari 2021 - 08:10 WIB
loading...
3.000 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Luwu Utara
Sebanyak 3.000 dosis vaksin Covid-19 tiba di Luwu Utara. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 3.000 dosis vaksin Covid-19 tiba di Masamba, Luwu Utara , Kamis (28/1/2021) malam sekitar pukul 19.30 Wita. Vaksin Sinovac ini dibawa langsung oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) dan dikawal ketat oleh TNI dan Brimob Polda Sulsel.

Sebelum vaksin disimpan di cold chain yang ada di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Luwu Utara , terlebih dahulu dilakukan penyerahan secara simbolis dari Satgas Covid-19 Sulsel, yang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Husni Thamrin kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara Armiadi.

Sebelumnya, informasi yang disampaikan bahwa Luwu Utara akan menerima 1.566 dosis vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Tapi, vaksin yang didatangkan rupayanya sebanyak 3.000 dosis yang akan digunakan untuk dua tahapan sekaligus. Tahap pertama 1.566 dosis diperuntukkan khusus untuk tenaga kesehatan. Lalu sisanya, tahap kedua untuk disuntikkan kepada TNI, Polri, ASN dan masyarakat umum lainnya.

Sekda Luwu Utara, Armiadi mengatakan, vaksin Covid-19 yang datang hari ini akan segera disalurkan ke seluruh puskesmas, untuk selanjutnya dilakukan vaksinasi kepada semua tenaga kesehatan yang mejadi prioritas.

“Untuk tahap pertama, ada 1.566 tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksinasi. Tentu ini masih kurang karena kita di Luwu Utara, ada sekitar 4.000-an tenaga kesehatan. Untuk itu, vaksin ini segera akan kita manfaatkan dan segera kita salurkan di 16 puskesmas yang ada di Luwu Utara , termasuk di RSUD Andi Djemma Masamba,” kata Armiadi.



Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi atas bantuan vaksin Covid-19 yang diterima Luwu Utara . “Ini ikhtiar kita semua untuk bisa terlepas dari wabah Covid-19. Sekali lagi terima kasih atas bantuan ini,” ucapnya.

Sementara Kabid Kesmas Dinkes Sulsel, Husni Thamrin menyebutkan kehadiran vaksin ini dalam rangka menciptakan imunitas buatan melalui kegiatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain tentunya, masyarakat dapat pula meningkatkan imunitas alami dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga serta disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Hari ini, kita bawa 3.000 dosis vaksin atau dua koli, tentu sasarannya adalah yang pertama tenaga kesehatan. Baru kemudian TNI, Polri, ASN dan masyarakat umum,” ujar Husni.

Husni berharap, kehadiran vaksin ini dapat disambut baik oleh seluruh masyarakat Luwu Utara karena vaksin ini menjadi ikhtiar bersama untuk melawan virus corona. “Terima kasih kepada Pemda Luwu Utara yang telah bersedia menerima vaksin ini dan menjemputnya langsung di perbatasan tadi,” pungkasnya.

Selain Sekda Luwu Utara, hadir pula dalam prosesi penerimaan vaksin, Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin, Pabung Mayor Arm Syafaruddin, dan Plt Kadis Kesehatan Marhani Katma, serta beberapa tenaga kesehatan Luwu Utara.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)