Jalur Tambang Parung Panjang Bogor Dibangun 2022, Ridwan Kamil: Kompleks dan Rumit

loading...
Jalur Tambang Parung Panjang Bogor Dibangun 2022, Ridwan Kamil: Kompleks dan Rumit
Pembangunan jalur khusus angkutan tambang di wilayah Parung Panjang, Kabupaten Bogor bakal dimulai 2022 mendatang. Foto/SINDOnews/Dok.SINDOnews
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, pembangunan jalur khusus angkutan tambang di wilayah Parung Panjang, Kabupaten Bogor bakal dimulai 2022 mendatang.

Kehadiran jalur tersebut diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Parung Panjang dan sekitarnya.

Baca juga: Nekad Sikat Ponsel di Lokasi Tambang, Pria Asal Bangka Tengah Dibekuk Tim Tupai

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Selasa (19/1/2021) lalu, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat kerja persiapan proses pembangunan jalur tersebut.



Baca juga: Truk Pengangkut Batu Terjun ke Tambang Ilegal Sedalam 30 Meter, Sopir Pingsan Dia pun memperlihatkan timeline proyek yang digagas sejak pemerintahan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan tersebut.

Kang Emil mengharapkan partisipasi dan tanggung jawab dari para pengusaha dan pemilik tambang, termasuk pengusaha ngkutan tambang demi terwujudnya jalur tersebut. "Karena kompleks dan rumit. Semoga prosesnya dilancarkan dan semua pihak mau berpartisipasi dan bertanggung jawab, khususnya pengusaha tambah dan transporter," ungkapnya.

Dari agenda yang diunggah Kang Emil, terlihat bahwa pada awal hingga pertengahan 2021 ini, pihaknya menitikberatkan pada sinkronisasi kebijakan, antara lain nota kesepahaman antara Pemprov Jabar dan Banten serta nota kesepahaman antara pengusaha tambang, transporter, termasuk pemilik tambang.



Jika urusan nota kesepahaman yang dijadwalkan tuntas pada Juni 2021, maka dilanjutkan proses perencanaan, seperti penyusunan detail engineering desain (DED), kajian analisis dampak lingkungan (Amdal), hingga rencana pembebasan lahan yang ditargetkan tuntas Oktober 2021 mendatang.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top