Ribuan Nakes Tulungagung Siap Divaksin COVID-19 Termin Pertama

loading...
Ribuan Nakes Tulungagung Siap Divaksin COVID-19 Termin Pertama
ilustrasi
TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, direncanakan menerima jatah vaksin COVID-19 pada Jumat (22/1/2021). Vaksin yang diterima termin pertama tersebut, rencananya 5.200 vaksin. "Rencana tiba pada Jumat (22/1)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Kasil Rokhmad kepada wartawan.

Gelombang pertama pengguna vaksin COVID-19 adalah para tenaga kesehatan (nakes). Sesuai ketentuan yang berlaku adalah mereka yang di dalam rentang usia 18-59 tahun. Khusus untuk kebutuhan tenaga kesehatan, menurut Kasil, pihaknya telah mengajukan sebanyak 6.500 vaksin.

Baca juga: Perpanjangan PPKM Surabaya, Dua Titik Kerumunan Kembali Ditutup

Hal itu mengacu dari jumlah nakes di Kabupaten Tulungagung. Karenanya, ia menilai vaksin COVID-19 yang diterima pada termin pertama nanti belum sebanding dengan jumlah yang pernah diajukan. "Jumlah yang diterima belum sebanding dengan yang diajukan," terang Kasil.



Kasil juga mengatakan, vaksinasi pada termin pertama akan dilakukan kepada 2.600 orang nakes. Masing masing nakes akan diinjeksi dua kali dengan waktu yang berbeda. Yakni vaksinasi pertama dan kedua berjeda waktu dua minggu. Terkait berapa total jatah vaksin untuk Kabupaten Tulungagung dan kapan akan diterima, kata Kasil, sepenuhnya domain pemerintah pusat.

Baca juga: Diduga Terganggu Suara Musik Terlalu Keras, Pria di Probolinggo Bacok Tetangga

"Yang menentukan seluruhnya pemerintah pusat," pungkas Kasil. Tercacat hingga 20 Januari 2021 jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Tulungagung mencapai 1.850 kasus. Perinciannya, 1.438 orang sembuh, 45 orang meninggal dunia, 212 orang menjalani perawatan medis, 79 orang diisolasi di gedung karantina dan 76 orang menjalani isolasi mandiri
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top