Bersiap Lakukan Vaksinasi COVID-19, Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Surabaya Raya

loading...
Bersiap Lakukan Vaksinasi COVID-19, Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Surabaya Raya
Dinas Kesehatan Jawa Timur, mulai mendistribusikan ribuan vaksin Sinovac ke Surabaya Raya. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur (Jatim), mulai mendistribusikan ribuan vaksin Sinovac ke Surabaya Raya. Yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Jumlah vaksin yang didistribusikan ke tiga daerah tersebut separuh dari jumlah alokasi.

Baca juga: Peluncuran Vaksinasi COVID-19 Gagal Serentak, Jatim Hanya Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo

Untuk Surabaya, dari alokasi sebanyak 33.420 dosis vaksin yang didistribusikan sebanyak 15.000 dosis vaksin . Kemudian Kabupaten Sidoarjo dari alokasi 8.717 dosis vaksin yang didistribusikan 4.000 dosis vaksin . Sementara untuk Kabupaten Gresik dari alokasi 5.858 dosis vaksin , yang didistribusikan 3.000 dosis vaksin .





Sekretaris Dinkes Jatim, Hartanto menjelaskan alasan hanya separuh dosis vaksin yang didistribusikan ke Surabaya Raya. Hal itu mempertimbangkan kemampuan cold storage penyimpanan vaksin . Dari hasil dari rapat teknis, Kota Surabaya hanya bisa 15.000 dosis vaksin , kemudian Sidoarjo 4.000 dosis vaksin dan Gresik 3.000 dosis vaksin . "Sisa dosis vaksin akan kembali didistribusikan setelah cold storage-nya di tiga daerah tersebut siap," katanya, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Lakukan Pencabulan, Pendeta di Batam Ditangkap Satreskrim Polresta Barelang di Medan

Dalam pendistribusian vaksin asal China tersebut, Dinkes Jatim akan dikawal aparat kepolisian sampai di tempat vaksinasi . Vaksin tersebut dikirim menggunakan armada yang bisa menjamin suhu 2-8 derajat celcius. "Khusus untuk kabupaten/kota lain di Jatim, kami menunggu instruksi lanjutan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," ujarnya.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top