Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Virolog Instrat: Efikasinya Dua Kali Lipat

loading...
Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Virolog Instrat: Efikasinya Dua Kali Lipat
Virolog yang juga Analis Kebijakan Instrat, Sidrotun Naim. Foto/Ist
BANDUNG - Virolog yang juga Analis Kebijakan Indonesia Strategic Institute (Instrat), Sidrotun Naim menilai, efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin Sinovac mampu menekan risiko terkena COVID-19 hingga dua kali lipat.

Baca juga: Dua Jam Setelah Disuntik Vaksin Jokowi Merasa Sedikit Pegal

Diketahui, vaksin asal China itu dipilih sebagai salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Vaksin Sinovac disuntikkan perdana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/1/2021).

Sidrotun menuturkan, selain Indonesia, Brazil, dan Turki, telah melaksanakan uji klinis vaksin Sinovac fase ketiga dengan hasil efikasi yang berbeda-beda dan belum final.



"Untuk laporan interim, data yang digunakan berasal dari sebagian jumlah peserta, sedangkan analisis untuk seluruh peserta akan ada di akhir uji klinis" sebut Sidrotun dalam keterangan resminya, Rabu (13/1/2021) malam.



Berdasarkan hasil kajiannya, virolog yang pernah bekerja di Harvard Medical School itu memaparkan, efikasi vaksin Sinovac di Brazil mencapai 50,4 persen karena uji klinis menyertakan jumlah orang yang terkena COVID-19 bergejala ringan di kelompok vaksin dan placebo.



Baca juga: Garut Gempar, Antorium dan Philodendron Ditukar Rumah Setengah Miliar
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top