Tim SAR Gabungan Evakuasi Remaja Pendaki Gunung Sindoro yang Lemas

Sabtu, 02 Januari 2021 - 20:46 WIB
loading...
Tim SAR Gabungan Evakuasi Remaja Pendaki Gunung Sindoro yang Lemas
Seorang remaja pendaki Gunung Sindoro dievakuasi tim SAR gabungan karena menderita cedera. Fot SINDOnews
A A A
WONOSOBO - Seorang remaja pendaki Gunung Sindoro dievakuasi tim SAR gabungan karena menderita cedera. Upaya evakuasi berjalan dramatis karena tim SAR harus menggendongnya hingga ke tempat penjemputan untuk dibawa Basecamp Grasindo Kecamatan Kledung Wonosobo.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya mengatakan, pendaki tersebut bernama Ahmada Primanda Bramantyo (17) asal Kedewan RT 5/2 Desa Sudungdewo Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Peristiwa nahas itu bermula pada Rabu 30 Desember, Ahmada sendirian mendaki Gunung Sindoro melalui jalur pendakian Bedakah Kecamatan Kertek. (Baca juga:
Ditinggal Pulang Nenek, Bocah 4 Tahun Ditemukan Tewas Tenggelam di Sumur)

Dia juga membawa tas ransel isinya perbekalan sebagai persediaan mendaki. Namun, hingga Sabtu (2/1/2021), survivor tak kunjung pulang hingga keluarganya mencari keberadaan Ahmada ke Basecamp Bedakah. Di situ, mendapatkan informasi dari Basecamp Grasindo bahwa survivor ditemukan di Jurang Batu Tatah dengan kondisi cedera ringan.

"Kemungkinan besar survivor hendak turun namun sampai di Pos 4 mengalami insiden terpeleset hingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Ketinggian Gunung Sindoro Pos 4 kurang lebih 2.800 MPDL dan membutuhkan waktu 4 jam untuk mencapainya," ungkap Yahya. (Baca juga: Satu Lagi Nelayan Hilang di Gorontalo Ditemukan Tewas)

Dengan informasi tersebut, Basarnas Pos SAR Wonosobo segera memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan operasi pertolongan. Petugas juga disertai alat vertical untuk memudahkan proses evakuasi.

"Tim SAR gabungan tiba di Pos 4 didapati kondisi survivor mengalami lemas dicurigai cedera pada kaki dan dagu .Upaya evakuasi tim SAR gabungan dengan cara digendong hingga ke tempat penjemputan selanjutnya survivor dibawa ke Basecamp Grasindo Kecamatan Kledung. "Dengan berhasilnya evakuasi operasi SAR dinyatakan ditutup dan tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2801 seconds (0.1#10.140)