Unik dan Bersejarah Masjid Muhammad Cheng Ho Sriwijaya di Kota Palembang

Minggu, 03 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Unik dan Bersejarah Masjid Muhammad Cheng Ho Sriwijaya di Kota Palembang
Unik dan Bersejarah Masjid Muhammad Cheng Ho Sriwijaya di Kota Palembang. Foto/TravelOkezone
A A A
PALEMBANG - Masjid Cheng Hoo Palembang sebenarnya bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang yang dibangun tahun 2003 dan diselesaikan tahun 2006.

Masjid yang terletak di Jakabaring ini didirikan oleh Persatuan Islam Thionghoa Indonesia di Palembang, setelah mendapat tanah hibah dari pemerintah daerah.

Masjid dibangun untuk mengenang seorang Laksamana Tiongkok dari kepercayaan Kaisar Yonghe beragama islam.

"Keberadaan masjid ini juga menjadi simbol syiar agama islam di Kota Pempek dan juga bukti pluralisme masyarakat di Bumi Sriwijaya," jelas pemerhati budaya dan sejarah Kota Palembang Noverta Salyadi kepada SINDOnews.

Dalam sejarahnya Cheng Ho yang berasal dari negeri Yunan ini telah 3 kali datang ke Kota Palembang untuk berdagang sambil menyebarkan agama Islam.

Arsitektur masjid ini terbilang unik, dimana bangunannya menggunakan perpaduan budaya China, lokal dan Arab sehingga terasa memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

"Terutama di hari Jumat, masjid ini penuh jamaah untuk melaksanakan salat Jumat. Apalagi di bulan suci Ramadan. Banyak jamaah masjid yang datang untuk salat dan ibadah sunah di masjid," kata penulis sejumlah media nasional ini.

Tak ayal, keberadaan masjid ini bukan hanya dijadikan untuk siar keagamaan dari umat muslim di Palembang dan sekitarnya, seperti kajian ilmu ilmu keislaman tetapi juga mampu memberikan hubungan keharmonisan antar masyarakat lokal dan masyarakat Tionghoa di Palembang.

Selain pusat keagamaan masjid ini juga dijadikan sebagai, objek wisata religius di kota Palembang terutama saat hari-hari besar agama islam.

Tidak heran setiap akhir pekan masjid ini selalu ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)