Bangkit saat Pendemi, Balasan Startup Lokal Raih Penghargaan Semangat Award 2020

Rabu, 30 Desember 2020 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Dia mencontohkan, Chatbiz.id, adalah aplikasi chatbot untuk membantu UMKM memasarkan produknya dan mengelola proses pembelian secara full digital melalui platform Whatsapp.

Saat ini dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah bisa mendapatkan 195 users B-to-B atau bisnis ke bisnis, dengan perkembangan rata-rata 75%.

Pemasukan bisnis Chatbiz.id saat ini sebagai digital startup yang masih seumur jagung sudah cukup untuk membiayai seluruh keperluan tim.

Achmad Dirgantara, Kepala IDX Incubator Jawa Barat menjelaskan, secara informal, ekosistem pendanaan pebisnis muda di Jawa Barat terdiri dari berbagai hal. Pebisnis bisa mencari permodalan dari bank ataupun nonbank.

Untuk nonbank, salah satu alternatifnya adalah papan akselerasi. Konsep papan akselerasi adalah pendanaan bisnis dengan aset di bawah Rp50 miliar, bahkan bisa dikisaran Rp10–50 miliar.

Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya mendorong pelaku ekonomi kreatif terus melahirkan gagasan inovatif. Sebab, inovasi menjadi modal utama untuk bertahan di tengah pandemi COVID-19 .

“Untuk anak muda yang mau ke dunia usaha, tetap harus tahan banting, berdoa. Karena itu yang paling penting. Terus berjuang jadi pebisnis kreatif,” ucap Atalia.

(Baca juga: 5 Senapan Sniper Ilegal di Ciamis Disita Polisi, 6 Tersangka Diamankan)

Oleh karena itu, penting sekali kita berpikir cerdas untuk bisa keluar dari situasi yang ada, termasuk risiko yang akan dihadapinya.

(Baca juga: Ubah Pola Penyaluran Bansos, Pemprov Jabar Libatkan Perbankan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4002 seconds (0.1#10.140)