Tetap Kreatif, Ini Cara Bunda PAUD Membuat Inovasi Pembelajaran

Selasa, 29 Desember 2020 - 13:13 WIB
loading...
Tetap Kreatif, Ini Cara Bunda PAUD Membuat Inovasi Pembelajaran
Bunda Paud membuat metode belajar menyenangkan untuk menerapkan pembelajaran di era kebiasaan baru.Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Era kebiasaan baru harus dijalani selama pandemi COVID-19 . Salah satunya pendidikan agi anak usia dini (PAUD) yang harus dipastikan terus berjalan.

PAUD juga harus bisa memastikan anak-anak aman sekaligus memaksimalkan potensi di masa emas seorang anak.

Para pengelola PAUD juga dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif dalam menjalankan pendidikan jarak jauh. Tantangan kebosanan anak serta upaya keras untuk menanamkan pondasi pendidikan harus bisa dijalani dengan kerja keras di tengah pandemi.

Pengajar TPA Khadijah Islamic Day Care, Zilmi Tri Rahma Yunita menuturkan, sejak awal Maret pihaknya sempat kebingungan ketika pandemi mulai masuk ke Indonesia.

Penitipan anak sudah tidak bisa dilakukan, pihaknya pun mencari pembelajaran terbaik yang aman bagi anak untuk dilaksanakan.

“Saat pandemi, pihak pengajar mendampingi orang tua menjalankan peran guru di rumah,” kata Zilmi dalam selebrasi sharing inovasi dan kreasi PAUD dalam menyukseskan pembelajaran sehat di era adaptasi kebiasaan baru yang digelar Geliat Universitas Airlangga (Unair), Selasa (29/12/2020).

Ia melanjutkan, pihaknya juga memberikan stimulus perkembangan melalui tugas yang sudah tersusun.

Termasuk juga bekerjasama dengan orang tua untuk memaksimalkan perkembangan selama belajar di rumah.

Kegiatan belajar pun dilakukan melalui aplikasi zoom sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi 30-40 menit tiap sesi.

“Kami juga memahami orang tua yang bekerja. Makanya kami juga sediakan jam belajar malam hari,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3669 seconds (0.1#10.140)