Diduga Terlibat Narkoba, 47 Napi Lapas Pekanbaru Dipindah ke Nusakambangan

Sabtu, 19 Desember 2020 - 01:30 WIB
loading...
Diduga Terlibat Narkoba, 47 Napi Lapas Pekanbaru Dipindah ke Nusakambangan
Proses Evakuasi Tahanan Lapas Pekanbaru menuju LP Nusakambangan menggunakan pesawat Hercules milik TNI, di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Jumat (18/12/2020). Foto: Istimewa
A A A
PEKANBARU - Sebanyak 47 narapidana (napi) yang selama ini mendekam di Lapas Klas IIA Pekanbaru, Riau dipindahkan ke Lapas Nusakambangan . Pemindahan ini terkait kekhwatiran para warga binaan ini melakukan peredaran dan pengendalian narkoba dari Lapas .

Pemindahan warga binaan ini dilakukan hari ini, Jumat (18/12/2020) oleh petugas gabungan dari TNI, Polri dan petugas Lapas Pekanbaru. Mereka dibawa dari Lapas Klas II Pekanbaru Jalan Kapling ke Pangkalan Lanud Roesmin Nurjadin. (Baca Juga: Edan, Pakai Alquran Tahanan Polda Sumbar Selundupkan Sabu untuk Pesta di Sel)

“Sebanyak 47 tahanan dewasa dipindahkan ke Nusakambangan. Mereka berpotensi terlibat jaringan narkoba,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Ibnu Chuldun Jumat (18/12/2020). (Baca Juga: Kena PHK Lalu Open BO, Gadis Bali Ini Malah Diperas Oknum Polisi)

Sesampainya di area Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, mereka dibawa ke pesawat Hercules milik TNI. Dia menjelaskan,prosedur pemindahan puluhan napi tetap menerapkan protokol kesehatan yakni rapid test, makai masker, mengenakan pakaian lengan panjang menjaga dan jarak antar penumpang.

“Para napi juga dalam keadaan terborgol, baik kaki maupun tangan. Selama proses pemindahan dikawal oleh Brimob, POM TNIdan petugas Lapas,” tukasnya. (Baca Juga: Tarif Kencan Artis TA Rp75 Juta, Mucikari Potong 10 Persen)

Selain 47 tahanan pria, petugas juga melakukan pemindahan sebanyak narapidana wanita. Diduga mereka juga terlibat jaringan narkoba. “Untuk narapidana dari Lapas Wanita Pekanbaru ada enam tahanan yang dipindahkan. Mereka dibawa ke Lapas di Malang," tandasnya.

Sebelumnya, beberapa kali petugas kepolisian mendapati kelompok jaringan narkoba di Riau. Hasil pengembangan, ada beberapa napi yang ditengarai menjadi pengedar dan pengendali narkoba.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)