Gelar Deklarasi, Mahasiswa Papua Se-Jabotabek Dukung Otsus di Bumi Cendrawasih

Jum'at, 11 Desember 2020 - 21:05 WIB
loading...
Gelar Deklarasi, Mahasiswa Papua Se-Jabotabek Dukung Otsus di Bumi Cendrawasih
Perwakilan mahasiswa asal Papua se-Jabodetabek menggelar deklarasi mendukung pelaksana Otsus Papua tahap kedua di Bogor, Jumat (11/12/2020). Foto/Ist
A A A
BOGOR - Mahasiswa Papua se-Jabotabek yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua menggelar deklarasi dan menandatangani naskah dukungan pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua .

Deklarasi dukungan terhadap pelaksanaan otsus tahap kedua di Bumi Cendrawasih itu digelar di Villa Griya Sae Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/12/2020).

(Baca juga: 4 Tokoh Adat Papua Minta Otsus Dilanjutkan dan Dana Diaudit Menyeluruh)

Ahmad Bauw, salah seorang mahasiswa Papua S-2 PTIQ Jakarta mengatakan, Otsus Papua harus terus berlanjut mengingat dana otsus sangat bermanfaat bagi masyarakat Papua, khususnya untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur.

(Baca juga: LGMP Demo di Jayapura, Minta Otsus Papua Dilanjutkan)

"Dana otsus harus terus berlanjut di Papua. Ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat ataupun mahasiswa Papua. Namun, dana itu harus dikawal, jangan sampai disalahgunakan oleh oknum tertentu," ujar Ahmad Bauw.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain untuk menyejahterakan masyarakat Papua, dana otsus juga berdampak kepada keberlanjutan pembangunan di Tanah Papua. Terlebih, pembangunan pendidikan dan kesehatan sangat dibutuhkan di Tanah Papua.

"Otsus di Papua merupakan salah satu agenda penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Perjuangan penyelenggaraan otsus menjadi solusi memajukan Papua dan Papua Barat," tegasnya.

Dalam deklarasi tersebut, mahasiswa Papua menyatakan beberapa sikap, di antaranya berkomitmen mewujudkan pembangunan dan kemajuan Papua yang terus dijalankan oleh negara.

"Sejak digulirkannya otsus dan otsus jilid dua, kami terus mendukung otsus jilid dua. Kami juga mengajak seluruh masyarakat Papua untuk menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Aliansi mahasiswa Papua juga mendukung keberlangsungan Otsus Papua," papar Ahmad Bauw.

Selain deklarasi dukungan terhadap pelaksanaan Otsus Papua tahap kedua, dalam kesempatan itu juga digelar diskusi terkait Hari Korupsi dan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia. Diketahui, pemerintah pusat memastikan bahwa pelaksanaan otsus tahap kedua di Tanah Papua akan segera dilaksanakan.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, kepastian pelaksanaan otsus tahap kedua merujuk kepada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

"Kepres itu bertujuan agar tercipta semangat paradigma dan juga cara-cara baru dalam mengelola percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat untuk meningkatkan sinergi antara lembaga/kementerian dengan pemerintah daerah, sehingga percepatan pembangunan dalam menuju kesejahteraan Papua dan Papua Barat bisa segera terwujud," jelas Moeldoko kepada awak media, Selasa (1/12/2020).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)