15 Napi Positif COVID-19, Ratusan Penghuni Lapas Blitar Jalani Swab Massal

Senin, 30 November 2020 - 16:39 WIB
loading...
15 Napi Positif COVID-19, Ratusan Penghuni Lapas Blitar Jalani Swab Massal
Lapas Kelas II B Blitar memberlakukan Swab test COVID-19 massal kepada 166 orang yang berada di dalam lingkungan lapas. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Lapas Kelas II B Blitar memberlakukan Swab test COVID-19 massal kepada 166 orang yang berada di dalam lingkungan lapas. Dari jumlah 166 orang tersebut, 89 orang diantaranya adalah warga binaan (narapidana) dan 77 orang lainnya adalah pegawai lapas.

(Baca juga: Jalan Berliku Korban Dugaan Pelecehan Seksual Mencari Keadilan di IAIN Tulungagung )

Swab test massal dilakukan menyusul ditemukannya 15 napi yang terkonfirmasi positif COVID-19 . "Ada 166 orang yang menjalani swab test massal," ujar Pelaksana harian (Plh) Kalapas Kelas II Blitar, Johanes Agus Mijanto kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Paska ditemukannya 15 napi positif COVID-19 , pihak lapas Blitar langsung bergerak cepat. Sebanyak 89 napi blok B yang terindentifikasi telah berkontak erat, langsung diisolasi. Mereka dilarang beraktivitas diuar ruangan. "Setiap hari juga mendapat nutrisi tambahan," kata Johanes.

(Baca juga: Ada guguran Lava Pijar Disertai Awan Panas, Pendakian Semeru Ditutup Total )

Begitu juga dengan 77 pegawai yang dianggap berkontak erat, juga diminta menjalani isolasi. Menurut Johanes, hasil swab test hingga kini belum keluar. Ia juga menambahkan, sejauh ini belum diketahui pasti dari mana warga binaan bisa terpapar COVID-19 .



Sebab Lapas Kelas II B Blitar selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terutama kepada pengunjung warga binaan. "Saat ini oleh Satgas Penanganan COVID-19 masih ditelusuri penyebabnya," pungkas Johanes.

(Baca juga: Berkas Pemeriksaan Lengkap, Penyidik Polda Jabar Limpahkan Kasus Habib Bahar ke Kejaksaan )

Seperti diketahui, sebelum dilakukan swab test massal, salah satu napi penghuni Lapas Klas II Blitar diketahui positif COVID-19 . Setelah dilakukan tracing yang disusul swab test, diketahui ada 14 napi lain yang juga terkonfirmasi positif COVID-19 .
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)