Survei Voxpol Center, Mahyeldi-Audy Joinaldy Paling Berani Berantas Korupsi

Senin, 30 November 2020 - 13:31 WIB
loading...
Survei Voxpol Center, Mahyeldi-Audy Joinaldy Paling Berani Berantas Korupsi
Survei terbaru Voxpol Center menunjukkan 21,8% masyarakat percaya calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy paling berani memberantas korupsi. Foto/Ist
A A A
PADANG - Survei terbaru Voxpol Center Research and Consulting tentang persepsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Pilgub Sumatera Barat (Sumbar) telah selesai. Hasilnya menunjukkan 21,8% masyarakat percaya bahwa calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Audy Joinaldy paling berani memberantas korupsi.

Pada posisi berikutnya paslon Mulyadi-Ali Mukni 19,9%, Nasrul Abit-Indra Catri 19%, dan Fakhrizal-Genius Umar 9,3%. "Sementara yang masih merahasiakan jawaban 11,4 persen dan tidak tahu tidak menjawab 18,6%," kata Direktur Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan tertulis, Senin (30/11/2020). (Baca juga: Perhatian Mahyeldi terhadap Penyandang Tunarungu Kota Padang Membuat Iri)

Dia menjelaskan bahwa survei dilakukan dengan menanyakan dalam bentuk simulasi, pertanyaan kuesioner tentang calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar yang berani memberantas korupsi. (Baca juga: Jenazah Kiai Ahmad Baidowi Masih Utuh Setelah 3 Tahun, Ini Amalan dan Wasiatnya)

Pangi menambahkan bahwa data ini menunjukkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy punya kesempatan mendapatkan empati dan meraih segmen dukungan yang lebih luas dari masyarakat Sumatera Barat yang terkenal sangat religius dengan proporsi pemilih rasional (rational choice) yang cukup tinggi.

"Integritas dan komitmen anti korupsi dari pasangan kandidat akan menjadi salah satu pertimbangan pemilih dalam memutuskan pilihan politiknya," katanya. Dengan demikian, paslon yang bersih dari korupsi dan berani memberantas korupsi punya peluang yang lebih besar memenangkan kontestasi elektoral pada Pilgub Sumbar yang digelar 9 Desember 2020 mendatang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)