Cerita Pagi

Misteri Pusaka-pusaka Kerajaan Mataram yang Dibuat dari Batu Meteor

loading...
Dengan senjata inilah Danang Sutawijaya dapat melukai Arya Penangsang yang konon sakti mandraguna dan memiliki ilmu kebal. Sehingga akhirnya Arya Penangsang tewas. Selain itu ada juga pusaka Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting yang juga menjadi andalan Pusaka Kerajaan Mataram Islam.

Kehebatan Tombak Baru Klinting teruji saat dipakai abdi dalem Sultan Agung yang bernama Ki Nayadarma sang Lurah Kapedak berperang tanding melawan Adipati Pati Pragola II yang memberontak terhadap kekuasaan Mataram.

Tubuh sang Adipati yang dikenal tak mempan senjata tersebut akhirnya dapat dirobek oleh Tombak Baru Klinting yang dipakai Ki Nayaderma.

Saat ini Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting juga masih tersimpan di dalam Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Aslinya senjata berujud tombak ini sebelumnya adalah pusaka milik Ki Ageng Mangir Wanabaya yang memberontak kepada Panembahan Senopati. Konon kedua tombak ini diyakini juga dibuat dari batu meteor.

Selain itu beberapa pusaka dari Kerajaan Majapahit hingga Mataram Islam berupa keris juga diyakini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan dari batu meteor diantaranya keris Kiai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro. Namun butuh penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikannya.
(sms)
halaman ke-2 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top