Desember 2020 Bakal Ada Acara Habib Rizieq di Cianjur, Polisi Pastikan Tak Beri Izin

loading...
Desember 2020 Bakal Ada Acara Habib Rizieq di Cianjur, Polisi Pastikan Tak Beri Izin
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago. Foto/iNews/Agus Warsudi
BANDUNG - Habib Rizieq Shihab dikabarkan bakal menghadiri acara di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Desember 2020 mendatang. Namun, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, Polda Jabar dan jajaran Polres Cianjur tidak akan memberikan izin terhadap gelaran acara tersebut. (Baca juga: Terjadi Keremunan Massa di Megamendung, Polda Jabar Segera Periksa Habib Rizieq)

Hal ini disebabkan pemerintah telah melarang acara yang dipastikan bakal menyebabkan kerumunan massa. "Sudah dipastikan (tidak akan diizinkan). (Pemerintah) sudah tegas tidak ada kerumunan massa. Dipastikan Polres Cianjur tidak akan mengizinkan karena ini situasi masih pandemi," kata Erdi, Jabar, Sabtu (21/11/2020).

Dia mengemukakan, Polda Jabar dan jajaran akan berusaha agar acara yang bakal digelar di Kabupaten Cianjur, dan dihadiri Habib Rizieq tersebut tidak digelar. "Kami akan melakukan upaya-upaya agar tidak terjadinya kerumunan massa," ujarnya.

Larangan kerumunan massa tersebut, menurut Erdi berlaku untuk semua kegiatan dalam konteks apapun dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Barat. (Baca juga: Pangdam Jaya Ingin FPI Dibubarkan, PA 212: Ranah TNI Tidak Sampai Menilai Ormas)



Diberitakan sebelumnya, Ketua FPI Cianjur Habib Hud Alaydrus mengatakan, tidak diperlukan izin dari pemerintah daerah terkait rencana kunjungan Habib Rizieq ke Cianjur untuk menggelar silaturahmi dan tablig akbar. FPI hanya akan menyampaikan pemberitahuan.

"Kami tidak perlu izin dari pemda, hanya pemberitahuan karena kegiatan ini silaturahmi dan tablig akbar. Berizin atau tidak, kami tetap akan menggelar acara tersebut. Kalau pemda menyediakan tempat yang luas, agar protokol kesehatan tetap dipenuhi, saya garis bawahi kegiatan ini akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.





Pemkab Cianjur pun tegas tidak akan memberi izin keramaian karena dikhawatirkan bisa memicu kerumunan massa. Penjabat sementara (Pjs) Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdurachim menegaskan, pemkab tidak akan mengeluarkan izin untuk setiap agenda yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi COVID-19. (Baca juga: Meninggal Kamis Malam, Ketua FUI Cilacap Sempat Dikabarkan Jemput Rizieq Sihab dan Positif COVID-19)
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top