Kritik Rizieq Shihab, Ketua MUI Kabupaten Malang: Ucapannya Bukan Cerminan Pendakwah

Sabtu, 21 November 2020 - 15:23 WIB
loading...
Kritik Rizieq Shihab, Ketua MUI Kabupaten Malang: Ucapannya Bukan Cerminan Pendakwah
Ketua MUI Kabupaten Malang KH. Misno Fadhol Hija. Foto/Okezone/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kata-kata 'lonte' yang keluar dari ceramah Habib Rizieq saat acara Maulid Nabi, mendapat kritik keras dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang KH. Misno Fadhol Hija. (Baca juga: Meninggal Kamis Malam, Ketua FUI Cilacap Sempat Dikabarkan Jemput Rizieq Sihab dan Positif COVID-19 )

Dia menilai, kata-kata kasar tersebut bukanlah cerminan mubaligh . Menurutnya, seorang mubaligh atau pendakwah harusnya mengucapkan kata-kata yang menyejukkan, sesuai dengan cerminan agama Islam yang membawa kedamaian bagi semua umat.

"Seorang tokoh harusnya bahasanya yang baik. Kalau ada kata lonte (keluar dari) seorang mubaligh , aduh kok tidak mencerminkan orang yang punya ilmu dan jabatan tinggi," ujarnya, Sabtu (21/11/2020).

Ia menambahkan, kata-kata lonte yang diucapkan Rizieq Shihab dianggapnya kata kasar yang tidak pantas diucapkan. Apalagi yang mengucapkan seorang pendakwah atau pemimpin suatu umat di hadapan para jamaahnya. (Baca juga: Pangdam Jaya Ingin FPI Dibubarkan, PA 212: Ranah TNI Tidak Sampai Menilai Ormas )



"Ini kan bahaya, kata-kata lonte itu kan bahasa kasar, di dalam Islam perintah agama, kalau mengajak harus yang maudidhotul hasanah (dakwah dengan ucapan yang baik dan bermanfaat bagi orang lain)," tuturnya.

Maka ketika seorang mubaligh ucapan dan ceramahnya hanya berisi dorongan-dorongan, yang membawa perpecahan dan ketidaknyamanan ke seluruh orang, maka bisa jadi dipertanyakan keulamaan atau ketokohannya.

"Ya harusnya (ulama, mubaligh , atau pendakwah) dengan ucapan yang bagus, dengan etika moral yang bagus, kalau hanya dorongan-dorongan untuk kepentingan lain, ini nggak membawa kedamaian, nggak membawa ke kenyamanan orang, bahkan bisa merusak persatuan dan kesatuan, ya nggak baik," tutupnya. (Baca juga: Tak Ada Kompromi, Satgas COVID-19 Bubarkan Paksa Lomba TikTok di Kota Parepare )

Sebelumnya ceramah Habib Rizieq Shihab dalam peringatan Maulid Nabi pada 14 November 2020 lalu membuat gempar. Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) ini menyebut kata lonte, namun Rizieq Shihab tak menyebut siapa sebutan lonte yang dimaksudnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)