Berantas Stunting di Minut, Ini Kebijakan yang Dilakukan Clay Dondokambey

Rabu, 11 November 2020 - 10:37 WIB
loading...
Berantas Stunting di Minut, Ini Kebijakan yang Dilakukan Clay Dondokambey
Berantas Stunting di Minut, Ini Kebijakan yang Dilakukan Clay Dondokambey. Foto/Ist
A A A
MINAHASA UTARA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Utara (Minut) Clay June Dondokambey menyatakan serius menangani masalah stunting di Minut.

Dalam kegiatan penanganan stunting yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB di Desa Waleo Kecamatan Kema, Kabupaten Minut, Sulawesi Utara, ada pesan penting yang disampaikan Clay Dondokambey.

“Pemerintah desa diminta terus berkoordinasi dengan kecamatan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan intervensi pencegahan stunting terintegrasi,” kata Clay, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, ada beberapa jenis pelayanan dasar yang bisa dibiayai dalam bidang kesehatan. Seperti bisa digunakan untuk program makanan tambahan dan perbaikan gizi bagi anak-anak dalam mengatasi stunting.

Ditambahkan dia, penanganan stunting perlu dipahami bersama, dimana kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. (Baca juga: Dapat Dana Hibah Rp19,4 Miliar dari Kemenparekraf, Pemkot Manado Siap Bangkitkan Pariwisata)

Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. (Baca juga: Fasilitas RSKD Mulut dan Gigi Kini Dapat Dirasakan Warga Manado)

"Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Nah, ini harus diatasi sejak dini, dan butuh perhatian pemerintah, mulai di tingkat desa, kecamatan sampai Kabupaten. Maka itu stunting harus menjadi perhatian serius mengenai penanganan dan pencegahannya,” tandas Clay.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)