MUJ-Bank Bjb Syariah Sepakat Kerja Sama Bangun Sektor Energi

loading...
MUJ-Bank Bjb Syariah Sepakat Kerja Sama Bangun Sektor Energi
Dua BUMD Jabar, MUJ dan Bank BJB Syariah sepakat bekerja sama dalam pembangunan sektor energi di Provinsi Jabar. SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, PT Migas Hulu Jabar (MUJ) dan PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah) sepakat bekerja sama dalam pembangunan sektor energi di Provinsi Jabar.

Dalam kerja sama yang dibangun kedua belah pihak, MUJ menerima pembiayaan dari BJB Syariah sebesar Rp27 miliar. Pembiayaan tersebut akan digunakan untuk mengaskselerasi beberapa usaha di bidang energi di tengah situasi pandemi COVID-19 ini.

Selain itu, mendorong pengembangan usaha eksisting untuk meningkatkan pendapatan perseroan dan menindaklanjuti peluang-peluang usaha strategis yang sudah di rencanakan di tahun ini maupun di tahun 2021 mendatang. (Baca juga: Diterpa Pandemi, Bank BJB Syariah Catat Laba Rp32 Miliar )

Direktur Utama MUJ, Begin Troy berharap, realisasi tambahan dukungan pembiayaan tahap pertama ini akan berlanjut dan bertambah jumlahnya dalam waktu dekat seiring dengan kebutuhan percepatan realisasi peluang usaha yang dihadapi MUJ.



Menurut Begin, sinergitas yang dibangun dengan sesama BUMD Jabar ini merupakan kali keempat bagi MUJ. Melalui kerja sama dengan perusahaan di bidang perbankan, kata Begin, MUJ akan lebih aktif membangun infrastruktur di bidang energi. "Atas kerja sama ini, kita berharap, sebagai sesama BUMD Jawa Barat mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Jawa Barat," ujar Begin.

Lebih lanjut Begin mengatakan, selain menerima pendapatan dari pengelolaan Participating Interest (PI) 10 % di Blok Offshore North West Java (ONWJ), tahun ini, MUJ juga membangun kerja sama dengan PT Pilar Bahtera Energi (PBE) sebagai provider listrik premium PT PLN dengan teknologi DRUPS dalam penyediaan listrik berkualitas terbaik untuk operasi hulu migas Pertamina EP di Kalimantan Selatan.

Selian itu, MUJ melalui anak perusahaan PT Energi Negeri Mandiri (ENM) juga melakukan pengadaan 4 unit mobile RIG 550 HP bersama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (Petrodrill) untuk operasional pengeboran PT Pertamina Drilling Services (PDSI) di Pertamina.



Yang terbaru, tambah Begin, MUJ juga berkolaborasi dengan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) untuk pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihodro (PLTMH) Cirompang, di Kabupaten Garut dalam rangka penguatan sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE). (Baca juga: BJB Syariah Optimistis Kinerja Tetap Tumbuh di 2020 )
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top