Gelar Operasi Zebra, PJR Tol Jatim Bagi Masker dan Nasi Bungkus

Sabtu, 07 November 2020 - 11:51 WIB
loading...
Gelar Operasi Zebra, PJR Tol Jatim Bagi Masker dan Nasi Bungkus
Sejumlah petugas Patroli Jalan Raya Polda Jawa Timur (Jatim) tampak menghentikan truk dan mobil boks, serta meminta pengemudi untuk turun dari kendaraannya.
A A A
SIDOARJO - Suasana pada Jumat pagi (06/11) tampak beda di Rest Area KM 753 Jalan Tol Surabaya-Gempol arah Sidoarjo-Waru.Sejumlah petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Timur (Jatim) tampak menghentikan truk dan mobil boks, serta meminta pengemudi untuk turun dari kendaraannya.

Petugas yang biasa melakukan penindakan terhadap pemakai jalan tol yang melanggar ini bukannya menindak atau memeriksa surat kendaraan, namun justru membagi ratusan masker dan nasi bungkus kepada pengemudi dan kenek truk dan mobil barang.

Sejumlah pengemudi truk yang awalnya sempat kaget karena dihampiri dan dihentikan Polisi, sontak langsung tersenyum karena mereka justru diberi masker dan nasi bungkus gratis oleh polisi yang menghentikannya. (Baca juga: Razia Masker PJR Polda Jatim Amankan Mobil tanpa Dokumen )

Aksi membagi masker dan nasi bungkus gratis ini merupakan bagian dari Operasi Zebra yang dilakukan Polda Jatim di Jalan Tol Surabaya-Gempol. Aksi simpatik ini selain sebagai upaya untuk mendisplinkan pengemudi dalam berlalu lintas melalui pengarahan yang disampaikan langsung ke pengemudi, juga sebagai bentuk mengingatkan pengemudi untuk tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dengan memakai masker di tengah pandemi Covid-19 .

Dalam Operasi Zebra Semeru 2020 yang berlangsung hingga 8 November, sesuai instruksi Kapolri, petugas hanya melakukan pengawasan dan peneguran tanpa melakukan penindakan pelanggaran di jalan raya. (Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan Covid-19 Disanksi Sapu Jalan )

“Aksi bagi masker dan nasi bungkus ini sebagai upaya agar bisa mendisiplinkan ke pengemudi dalam berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan melalui pendekatan humanis ke pengemudi,” tegas Iptu Roni Faslah, Kanit PJR Tol Jatim 2 .

Sementara pengemudi sendiri mengaku senang dengan adanya sikap ramah dari anggota PJR yang melakukan Operasi Zebra dengan membagi masker dan nasi bungkus. “Awalnya saya kaget, kenapa kendaraan saya dihentikan. Tapi saya senang ternyata Pak Polisi justru memberi Masker dan Nasi Bungkus Gratis,” ujar Mandoko, salah satu pengemudi Truks Boks tujuan Jakarta.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)